Connect with us

Berita

Pilkada Sleman, Golkar Golkar Ajukan Wabup Petahana

AKTUALITAS.ID – Perwakilan partai Golkar tidak menghadiri deklarasi bakal calon Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman, Danang Wicaksana-Agus Choliq beberapa waktu lalu. Padahal sebelumnya Golkar sepakat dengan Gerindra, PKB, dan PPP untuk mengusung pasangan tersebut. Ada apa? “Kita tidak mendapatkan undangan acara tersebut. Jadi kenapa kita datang,” kata Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi saat […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Perwakilan partai Golkar tidak menghadiri deklarasi bakal calon Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman, Danang Wicaksana-Agus Choliq beberapa waktu lalu. Padahal sebelumnya Golkar sepakat dengan Gerindra, PKB, dan PPP untuk mengusung pasangan tersebut. Ada apa?

“Kita tidak mendapatkan undangan acara tersebut. Jadi kenapa kita datang,” kata Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi saat dimintai konfirmasi, Sabtu (29/8/2020).

Janu menyebut Golkar kini memilih jalan sendiri. Janu menyebut dalam kesepakatan awal dengan Gerindra, PKB, dan PPP mereka sepakat untuk mengusung Danang Wicaksana sebagai bakal calon Bupati Sleman, sedangkan untuk sosok pendamping Danang dibahas lewat musyawarah.

Namun, kemunculan nama Agus Choliq dinilai Janu menciderai kesepakatan awal. Akhirnya Golkar keluar dari koalisi dan memilih jalan berbeda.

“Dulu itu kesepakatan empat partai itu dengan catatan untuk calon bupati dan wakil bupati akan dirembuk bareng. Tapi tahu-tahu tanpa ada rembukan, bisa menetapkan Danang dan Agus Choliq,” ucapnya.

Berpisahnya Golkar dari koalisi membuat peluang munculnya poros ketiga. Janu pun tidak menampik jika tengah berkomunikasi dengan PKS dan NasDem.

Secara hitung-hitungan, tiga partai itu bisa mengusung calon. Sebab, PKS punya 6 kursi, Golkar 5 kursi dan Nasdem 3 kursi.

“Ya kalau gini caranya, kita sekarang sedang komunikasi dengan PKS dan NasDem. Kami juga sudah ada kesepakatan juga untuk mengusung Sri Muslimatun,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya juga membuka komunikasi dengan Wakil Bupati petahana Sleman Sri Muslimatun yang kini dicalonkan sebagai calon Bupati Sleman. Janu menjelaskan untuk pendamping Sri Muslimatun pihaknya telah mengajukan nama-nama ke Golkar DIY.

“NasDem sama PKS tidak mengusulkan wakil, hanya di Golkar itu. Kalau untuk sekarang kita masih timbang-timbang karena banyak calon juga dari Golkar. Ada Sadar Narimo, Amin Purnomo, Wiseso Handoko, Najib,” tutupnya.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending