Connect with us

Berita

BMKG Imbau Waspadai Potensi Cuaca Buruk di Maluku pada 6-11 Juni 2024

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Maluku untuk mewaspadai potensi cuaca buruk yang diperkirakan akan terjadi pada 6-11 Juni 2024. Imbauan ini disampaikan oleh Kepala BMKG Stasiun Meteorologi kelas II Pattimura Ambon, Kamari.

“Berdasarkan hasil analisis kondisi atmosfer, terdapat potensi cuaca signifikan yang dapat mempengaruhi wilayah Maluku,” ujar Kamari di Ambon, Jumat.

Adanya sirkulasi siklonik di Maluku Utara menjadi salah satu pemicu terbentuknya daerah belokan angin dan konvergensi di Pulau Buru, Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Laut Banda. Selain itu, aktivitas gelombang tropis (Rossby) di wilayah Maluku serta suhu muka laut yang menghangat dengan kisaran 29 hingga 31 derajat Celsius juga turut berkontribusi terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu.

Selain faktor-faktor tersebut, nilai OLR (Outgoing Longwave Radiation) yang negatif dan labilitas udara yang tinggi serta kelembapan udara lapisan atas yang relatif basah juga berperan dalam proses pembentukan dan pertumbuhan awan-awan hujan. “Kondisi atmosfer ini meningkatkan potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang,” jelas Kamari.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi disertai kilat atau petir serta angin kencang sesaat. Wilayah-wilayah yang diprediksi akan mengalami kondisi ini antara lain Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Pulau Buru.

Cuaca buruk ini juga diperkirakan akan berdampak pada penurunan jarak pandang secara tiba-tiba dan berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan gelombang tinggi. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan selalu waspada dan mengantisipasi potensi bahaya tersebut.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk terus memantau perkembangan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem melalui kanal informasi resmi BMKG, baik melalui website maupun akun media sosial.

“Kami berharap masyarakat dapat lebih waspada dan siap menghadapi potensi cuaca buruk yang mungkin terjadi. Tetap ikuti informasi dan arahan dari BMKG untuk keselamatan bersama,” tutup Kamari.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat Maluku dapat lebih siap dan waspada dalam menghadapi potensi cuaca buruk selama periode 6-11 Juni 2024 ini. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending