Connect with us

NASIONAL

Gaji Petugas MBG Telat, BGN Pastikan Pembayaran Dirapel Penuh Minggu Ini

Aktualitas.id -

Wakil Kepala BGN, Nanik Sudaryati Deyang, Dok: aktualitas.id - ai

AKTUALITAS.ID – Badan Gizi Nasional (BGN) memberikan klarifikasi resmi menanggapi keluhan keterlambatan pembayaran gaji petugas Program Makan Bergizi Gratis (MBG). BGN menegaskan bahwa masalah ini murni disebabkan oleh kendala teknis administratif, bukan persoalan anggaran.

Pihak BGN memastikan bahwa seluruh hak petugas akan segera diselesaikan dan pembayaran gaji yang tertunda akan dirapel.

Wakil Kepala BGN, Nanik Sudaryati Deyang, menjelaskan bahwa jumlah petugas yang sangat besar menjadi salah satu faktor penyebab kendala teknis ini. Program MBG melibatkan sekitar 30.000 petugas SPPI, serta petugas Akuntan (AK) dan Ahli Gizi (AG).

“Ini murni masalah teknis administratif. Jumlah petugas yang harus kami verifikasi sangat besar dan beberapa di antaranya membutuhkan penyesuaian status administrasi. Kami memastikan proses ini segera tuntas,” ujar Nanik di Jakarta, Selasa (11/11/2025).

Nanik merinci, penyesuaian administrasi ini masih berlangsung, khususnya untuk SPPI Batch III yang belum berstatus PPPK, serta sebagian petugas AG dan AK. Sementara itu, untuk SPPI Batch I dan II yang telah berstatus PPPK, pembayaran gaji dipastikan tidak mengalami hambatan.

BGN menjamin seluruh petugas akan menerima haknya secara penuh. Pembayaran gaji yang belum terproses dalam beberapa minggu terakhir akan dirapel dan menjadi prioritas untuk diselesaikan pada minggu ini.

“Kami sudah mengarahkan seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang terlibat agar bekerja lebih proaktif. Seluruh gaji petugas sedang diproses dan akan dirapel sesuai haknya,” tambah Nanik.

Lebih lanjut, Nanik menegaskan bahwa BGN telah menunjuk kedeputian terkait sebagai leading sector penggajian dan telah menginstruksikan seluruh unit teknis, termasuk Kepala Biro Umum dan Keuangan serta PPSPM, untuk segera menyelesaikan koordinasi.

“Kami mengawal penuh setiap tahapan. Kami ingin memastikan seluruh petugas (SPPI, AG, dan AK) mendapatkan haknya tepat waktu, tanpa ada isu berulang di kemudian hari,” tegasnya.

Sebagai penutup, Nanik menyampaikan apresiasi BGN atas dedikasi dan komitmen para petugas di lapangan yang telah menjadi ujung tombak pelaksanaan Program MBG.

“Kami sangat menghargai kerja keras para petugas. Mereka adalah elemen kunci keberhasilan program, dan kami bertanggung jawab memastikan hak-hak mereka terpenuhi,” tutupnya. (Wibowo/Mun)

TRENDING

Exit mobile version