Connect with us

Nusantara

Pidie Diguncang Gempa Dangkal yang Berpusat di Darat

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa yang mengguncang Kabupaten Pidie, Aceh, Senin malam, adalah gempa dangkal yang berpusat di daratan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Senin (2/9/2024), mengatakan bahwa pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 5 kilometer, pada koordinat 4.86 LU, 96.06 BT atau berjarak 28 kilometer Barat Daya Pidie.

Gempa bumi tersebut dirasakan beberapa saat di Kecamatan Mane, Geumpang, Tangse, (Kabupaten Pidie), Krueng Sabee, Calang (Kabupaten Aceh Jaya) dan sejumlah wilayah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh dengan skala intensitas IV-II MMI.

Gempa bumi tersebut memiliki parameter terkini berkekuatan 4,7 magnitudo. BMKG mencatat sementara sampai dengan pukul 21.51 WIB belum ada gempa susulan dan juga belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang diragukan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Damar Ramadhan)

Polandia Punya Kewajiban Tembak Jatuh Rudal Rusia

AKTUALITAS.ID – Polandia memiliki “kewajiban” untuk menembak jatuh rudal Rusia di atas Ukraina sebelum memasuki wilayah udaranya, kata Menteri Luar Negeri Polandia Radoslaw Sikorski pada Senin (2/9/2024).

Polandia dan negara-negara lain yang berbatasan dengan Ukraina memiliki “kewajiban” untuk mencegat rudal Rusia sebelum memasuki wilayah udara mereka, kata Sikorski dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Financial Times.

Melindungi wilayah udara nasional adalah yang terpenting meski ada tentangan dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), katanya.

“Keanggotaan di NATO tidak mengalahkan tanggung jawab masing-masing negara untuk melindungi wilayah udaranya sendiri -itu adalah tugas konstitusional kita sendiri,” ujarnya.

Sikorski melanjutkan dengan mengatakan bahwa tindakan itu akan menjadi pembelaan diri yang sah karena begitu rudal melintasi wilayah udara nasional, risiko bahwa serpihan melukai seseorang cukup besar.

Kantor berita negara Polandia, PAP, melaporkan pada Senin bahwa Polandia telah mengerahkan pesawat dan menempatkan sistem pertahanan udaranya dalam keadaan siaga saat Rusia melancarkan serangan udara besar-besaran ke Ukraina pada malam hari hingga Senin.

“Semua prosedur yang diperlukan telah dimulai untuk memastikan keamanan wilayah udara Polandia,” kata komando operasional angkatan bersenjata Polandia melalui pernyataan.

Komando tersebut menambahkan bahwa pihaknya “memantau situasi.” (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending