Connect with us

Nusantara

Rugi Rp4,9 Miliar, Pemuda di Makassar Tertipu Penerimaan Akpol

Published

on

AKTUALITAS.ID – Seorang pemuda asal Makassar, Gonzalo Al Ghazali (19), menjadi korban penipuan penerimaan Akademi Kepolisian (Akpol) dengan kerugian mencapai Rp4,9 miliar. Gonzalo dijanjikan kelulusan menjadi taruna Akpol oleh seorang wanita berinisial AFR, yang kini telah ditangkap oleh pihak kepolisian.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar, Komisaris Devi Sudjana, mengungkapkan bahwa kasus ini dilaporkan oleh nenek korban pada 4 September 2024. “Pelaku sudah diamankan, inisial AFR, di Kabupaten Bone,” ujar Devi, Rabu (16/10/2024).

Modus penipuan AFR adalah menjanjikan Gonzalo bisa lulus seleksi Akpol dengan imbalan uang. Meski sudah menyetor hingga Rp4,9 miliar, Gonzalo tetap gagal dalam seleksi. Lebih parahnya, AFR bahkan sempat mengklaim bahwa Gonzalo akan diperkenalkan kepada Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk lebih meyakinkan korban.

Menurut kerabat korban, Sherly (41), penipuan dimulai saat AFR datang ke kafe milik orang tua Gonzalo dan menawarkan jasanya untuk memastikan kelulusan Gonzalo di Akpol. Keluarga korban, yang sempat percaya kepada AFR, akhirnya menyadari bahwa mereka telah ditipu setelah Gonzalo dinyatakan tidak lulus seleksi Akpol.

Kasus ini kini dalam penanganan polisi, dan AFR terancam dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan, yang dapat dikenakan hukuman penjara maksimal empat tahun. Hingga saat ini, pelaku belum mengembalikan kerugian sebesar Rp4,9 miliar, termasuk emas batangan yang juga diserahkan keluarga korban. (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending