Connect with us

Dunia

Tundukkan Italia 1-0, Spanyol Pastikan Tempat di Babak 16 Besar Euro 2024

Published

on

AKTUALITAS.ID – Tim nasional Spanyol memastikan langkah ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menaklukkan Italia dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan kedua Grup B yang berlangsung di Arena AufSchalke, Jerman, Jumat dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Spanyol memuncaki klasemen sementara dengan enam poin dari dua pertandingan, menyusul Jerman yang juga sudah memastikan tempat di babak knockout.

Jalannya Pertandingan

Spanyol memulai pertandingan dengan agresif, langsung mengendalikan permainan sejak menit pertama. Baru dua menit berjalan, pergerakan Nico Williams di sisi kiri berhasil menghasilkan umpan silang yang disambut sundulan Pedri, namun kiper Italia Gianluiggi Donnarumma dengan sigap menepis bola.

Tekanan berlanjut, pada menit ke-10 Alvaro Morata memberikan umpan lambung yang disambut oleh sundulan Williams, sayangnya bola melebar di sisi kanan gawang. Beberapa menit kemudian, Morata kembali mengancam namun tendangannya mampu dibendung oleh Donnarumma. Fabian Ruiz juga mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti, namun Donnarumma kembali melakukan penyelamatan gemilang.

Italia kesulitan keluar dari tekanan Spanyol. Pertahanan sang juara bertahan harus bekerja keras menahan serangan demi serangan dari La Furia Roja. Permainan umpan satu dua Spanyol memaksa Italia menumpuk pemain di lini pertahanan. Hingga akhir babak pertama, skor tetap imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, dominasi Spanyol terus berlanjut. Di menit ke-54, pergerakan individu Nico Williams dari sisi kiri menghasilkan umpan silang yang mengenai sundulan Morata dan membuat Riccardo Calafiori salah mengantisipasi bola sehingga masuk ke gawang sendiri. Gol bunuh diri ini membuat Spanyol unggul 1-0.

Spanyol nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-57 melalui tendangan Morata dari luar kotak penalti, namun Donnarumma kembali melakukan penyelamatan. Peluang lainnya datang pada menit ke-70, ketika pergerakan Yamal di dalam kotak penalti menghasilkan umpan untuk Williams yang tendangannya membentur mistar gawang.

Italia mencoba membalas, pada menit ke-81 Di Marco mendapatkan ruang tembak namun tendangannya terhalang barisan pertahanan Spanyol. Hingga akhir pertandingan, Italia terus berusaha menyerang untuk menyamakan kedudukan namun justru Spanyol yang mendapatkan peluang emas melalui serangan balik di menit akhir, sayang tendangan Ayoze Perez masih dapat diantisipasi Donnarumma.

Spanyol mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 57 persen dan melepaskan total 20 tembakan. Kemenangan ini memastikan tiga poin penuh bagi Spanyol, mengunci posisi mereka di puncak klasemen dan tiket ke babak 16 besar.

Kekalahan dari Spanyol membuat Italia tetap berada di posisi kedua Grup B dengan tiga poin. Spanyol yang sudah dipastikan lolos akan menghadapi Albania pada pertandingan terakhir grup, sementara Italia akan menjalani laga hidup mati melawan Kroasia untuk memperebutkan satu tempat tersisa di babak 16 besar. (YAN KUSUMA/RAFI)

Susunan pemain :

Spanyol (4-3-3) : Unai Simon (PG); Dani Carvajal, Aymeric Laporte, Robin Le Normand, Marc Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.

Pelatih : Luis de la Fuente

Italia (4-2-3-1) : Gianluiggi Donnarumma (PG); Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori, Federico Dimarco; Jorginho, Nicolo Barella; Lorenzo Pellegrini, Federico Chiesa, Davide Frattesi; Gianluca Scamacca.

Pelatih : Lusiano Spalletti

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending