Connect with us

Olahraga

Tundukkan Australia, Indonesia Kokoh di Puncak Grup A

Published

on

Pemain Timnas Voli putra Indonesia Krisna (kanan) berusaha melakukan receive saat pertandingan penyisihan terakhir Grup A Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 2024 di Jawapos Arena, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/7/2024) malam. (ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Timnas Bola Voli Indonesia U-20 semakin mengukuhkan posisi mereka di puncak Grup A setelah berhasil mengalahkan Australia dengan skor 3-1 (23-25, 25-21, 25-23, 25-20) pada babak penyisihan terakhir Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 2024 di Jawapos Arena, Surabaya, Kamis (25/7/2024), malam.

Pada set pertama, Indonesia sempat tertinggal 7-9 akibat spike berbahaya dari Xander Van Driel dan kawan-kawan. Meski tampil impresif di hadapan ribuan penonton, kesalahan-kesalahan seperti receive dan blok yang kurang sempurna membuat Indonesia harus menutup set pertama dengan skor 23-25. by

Memasuki set kedua, anak asuh Li Qiujiang mulai menunjukkan dominasi mereka. Dipimpin oleh Mohammad Fahril, Indonesia unggul jauh dengan skor 14-7. Meskipun Australia mencoba melawan dengan receive apik dari Harrison Buhler dan spike dari Finley Bennett, Indonesia tetap menutup set kedua dengan kemenangan 25-21.

Pertandingan semakin ketat pada set ketiga. Kedua tim saling mengejar angka hingga skor mencapai 20-19. Indonesia berhasil menutup set ketiga dengan kecerdikan Krisna yang membuat cop, mengakhiri set dengan skor 25-23.

Di set keempat, pertandingan kembali berjalan ketat. Meskipun Australia sempat menyamakan kedudukan menjadi 9-9, Indonesia berhasil menjauh dengan skor 22-18. Indonesia menutup set keempat dan pertandingan dengan spike terakhir dari Dawuda, mengakhiri skor menjadi 25-20.

Asisten pelatih Indonesia, Joni Sugiyatno, mengakui bahwa timnya tidak bermain seperti biasanya. “Mungkin mereka menggampangkan karena Australia sebelumnya kalah dari Arab Saudi. Hal ini yang mempengaruhi permainan mereka hari ini,” ujarnya. Joni juga menyoroti kurang stabilnya performa tosser Fahril karena faktor tegang.

Sementara itu, asisten pelatih Australia, Jack Connell, mengakui konsistensi permainan Indonesia. “Indonesia menunjukkan permainan yang sangat konsisten selama beberapa hari terakhir. Saya pikir mereka bisa melaju jauh di turnamen ini,” katanya.

Berikut adalah daftar tim yang lolos 8 besar Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 2024:

1. Indonesia

2. Arab Saudi

3. Iran

4. China

5. Jepang

6. India

7. Korea Selatan

8. Kazakhstan

Dengan kemenangan ini, Indonesia berpeluang besar melaju ke babak selanjutnya dan diharapkan mampu meraih prestasi tinggi di turnamen ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending