Connect with us

Olahraga

KOI Peringatkan Kontingen Indonesia Waspadai COVID-19 di Paris

Published

on

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari (Foto: Dok KOI)

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, meminta seluruh kontingen Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman COVID-19 selama Olimpiade Paris 2024. Peringatan ini disampaikan menyusul kabar bahwa enam atlet dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

Menurut laporan yang diterima Oktohari, lima dari enam atlet yang terjangkit COVID-19 adalah atlet polo air Australia, sementara satu lainnya adalah atlet renang dari Inggris. 

“Kita bukan hanya harus waspada terhadap COVID-19, tetapi juga terhadap tantangan lain yang mungkin terjadi di pertandingan. Ini berlaku untuk atlet, official, dan seluruh tim yang ada di Olimpiade Paris 2024. Jangan sampai COVID-19 atau cedera menjadi alasan performa atlet berantakan,” ujarnya dalam keterangan resmi KOI, Selasa (30/7/2024).

Oktohari menekankan pentingnya menjaga protokol kesehatan dengan ketat. “Karena semaksimal mungkin kita sudah melakukan persiapan, lolos kualifikasi, dan sampai di sini. Lalu kena COVID-19 atau cedera membuat penampilan atlet jadi tidak maksimal hasilnya,” katanya.

Diketahui bahwa sejumlah atlet telah dinyatakan positif COVID-19, termasuk perenang Australia, Lani Pallister, yang memutuskan untuk menarik diri dari nomor 1.500 meter gaya bebas. Juru bicara tim renang Australia menyatakan bahwa keputusan ini diambil demi menjaga kondisi Pallister yang juga akan tampil di nomor estafet 4×200 meter gaya bebas.

Perenang Britania Raya, Adam Peaty, juga dinyatakan positif COVID-19 setelah tampil di final nomor 100 meter gaya dada.

“Adam dalam kondisi baik, hanya sedikit demam,” ucap rekan setimnya, Matt Richards, dikutip dari Reuters.

Direktur Komunikasi Olimpiade Paris 2024, Anne Descamps, menyatakan bahwa pihak penyelenggara telah memiliki protokol penanggulangan penyebaran COVID-19 yang ketat. 

“Kami memiliki prosedur jika atlet dinyatakan positif COVID-19, termasuk penggunaan masker dan pengingat untuk mengikuti tata cara terbaik. Namun, tingkat kasus COVID-19 di Prancis saat ini relatif rendah,” kata Anne Descamps.

Dengan situasi yang dinamis ini, KOI berharap seluruh kontingen Indonesia dapat tetap fokus dan menjaga kesehatan untuk memberikan performa terbaik mereka di Olimpiade Paris 2024. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version