Connect with us

POLITIK

Bawaslu Harap Penyelenggara Pemilu tak Berikan Fasilitas Khusus untuk Calon Tunggal

Published

on

Anggota Bawaslu RI Puadi

AKTUALITAS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berharap Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, dan penyelanggara Pemilu tidak memberikan fasilitas khusus bagi calon tunggal di Pilkada Serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu RI, Puadi dalam keterangan persnya, Senin (9/9/2024).

“Bawaslu memastikan bahwa seluruh pihak, terutama ASN, TNI, Polri, dan penyelenggara Pemilu bersikap netral dan tidak memihak kepada calon tunggal,” ujar Puadi.

Anggota Bawaslu RI ini mengungkapkan, pelangaran netralitas akan menjadi perhatian khusus Bawaslu di Pilkada Serentak 2024.

Apalagi, lanjut Puadi, pada Pilkada Serentak 2024 ini banyak wilayah yang calon tunggal. Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada sebanyak 1 Provinsi dan 40 Kabupaten/Kota yang melawan kotak kosong.

“Pelanggaran netralitas ini sering kali menjadi perhatian dalam Pilkada melawan kotak kosong,” pungkas Puadi. (Naufal Fajar Haryanto)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending