Kawanan Gajah Liar Masuk Pemukiman Lagi, Warga Riau Resah


Foto : Istimewa

AKTUALITAS.ID – Seekor gajah Sumatera, masuk ke kawasan pemukiman penduduk di Desa Teluk Sejuah, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Kemunculan gajah jantan ini menimbulkan keresahan bagi warga desa.

Untuk menghindari kerusakan tanaman, warga bersama instansi terkait melakukan pengusiran.

Sementara itu, pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama pihak Yayasan Tesso Nilo telah turun ke lokasi untuk melakukan penggiringan terhadap satwa di lindungi tersebut.

“Kita melakukan kerja sama dengan masyarakat dan Yayasan Tesso Nilo. Kita harapkan, gajah itu bisa dipindahkan ke habitatnya,” kata Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar dikonfirmasi VIVAnews, Jumat 11 Oktober 2019.

Hansen menambahkan, gajah ini keluar dari habitatnya karena sedang birahi. Usianya sekitar 18 tahun dan sulit mendapatkan betina.

Dia menjelaskan, ciri-ciri fisik hajah birahi dapat dilihat dari keluarnya minyak pada bagian kening gajah.

Gajah itu keluar dari habitatnya sekitar 20 kilometer. Sampai berita ini diturunkan, proses penggiringan gajah masih terus dilakukan.

Adapun gajah liar memasuki pemukiman hingga perkebunan sawit warga di Riau, sudah berulang kali terjadi. Bahkan, beberapa kali gajah ini masuk dengan kawanannya.

Sumber: Vivanews.com