Update Corona di Sumbar 30 April: 148 Positif, 25 Sembuh, 15 Meninggal


Ilustrasi Rapid Test , Istimewa

AKTUALITAS.ID – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Sumatera Barat kembali merilis perkembangan terbaru. Kamis (30/4/2020), tercatat ada penambahan kasus positif pandemi itu di Ranah Minang.

Total warga Sumbar yang terinfeksi Covid-19 hingga kini ada sebanyak 148 orang. Dengan rincian, 48 di antaranya dirawat, 33 orang isolasi mandiri, 16 isolasi di Bapelkes, 10 orang isolasi di BPSDM, 15 meninggal, dan 25 di antaranya dinyatakan sembuh.

“Terjadi penambahan tiga orang. Dan yang sembuh bertambah satu orang. Total jumlah masyarakat yang terinfeksi Covid-19 sampai hari ini ada sebanyak 148 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Kamis (30/4/2020).

Sementara itu, Jasman melanjutkan, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga kini tercatat 8.028 orang. Rinciannya, selesai pemantauan 7.619 orang dan yang masih dalam proses pemantauan tinggal 409 orang.

Kemudian, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 379 orang. Dari 379 PDP tersebut, 49 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium.

Dinyatakan negatif terinfeksi Covid-19, ada 322 orang dan isolasi mandiri di rumah delapan orang.

Untuk pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri, namun bukan pasien dari salah satu rumah sakit rujukan, tercatat sebanyak enam orang. Dua di antaranya isolasi mandiri di rumah masing-masing, isolasi di Bapelkes satu orang, dan yang telah dinyatakan sembuh tiga orang.

Melihat fakta dari hari ke hari masih terdapat tambahan kasus positif Covid-19, Pemprov Sumbar, kata Jasman, kembali mengajak masyarakat untuk disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan pemerintah.

“Mari sama-sama kita ikuti seluruh instruksi dan protokol kesehatan yang sudah ada. Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” tutur Jasman.