Connect with us

Berita

Alami Masalah Keamanan, 15 Juta Data Pengguna Tokopedia Bocor

AKTUALITAS.ID – Tokopedia kabarnya mengalami masalah keamanan yang mengakibatkan data dari 15 juta pengguna mereka bocor. Seorang peretas dalam salah satu forum bernama RaidForums mengklaim bahwa dia telah meretas Tokopedia pada Maret lalu dan mengantongi data dari 15 juta pelanggan. Sang peretas menyebut bahwa data yang dia diperoleh berupa email, hash kata sandi, dan nama. […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Tokopedia kabarnya mengalami masalah keamanan yang mengakibatkan data dari 15 juta pengguna mereka bocor.

Seorang peretas dalam salah satu forum bernama RaidForums mengklaim bahwa dia telah meretas Tokopedia pada Maret lalu dan mengantongi data dari 15 juta pelanggan. Sang peretas menyebut bahwa data yang dia diperoleh berupa email, hash kata sandi, dan nama.

Pihak Tokopedia membenarkan ada upaya pencurian data terhadap pengguna mereka, namun tidak menyebutkan apakah kejadiannya berlangsung pada Maret lalu.

Kini, Tokopedia tengah menyelidiki dugaan peretasan yang mengakibatkan data jutaan pengguna mereka bocor.

“Saat ini kami terus melakukan investigasi dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan,” kata Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Sabtu malam (2/5/2020).

Tokopedia pun menjamin kata sandi dan informasi krusial pengguna dilindungi dengan enkripsi.

“Kami memastikan informasi penting pengguna seperti password tetap berhasil terlindungi,” tegas Nuraini .

Tokopedia menganjurkan pengguna untuk mengganti segera kata sandi secara berkala demi menjaga keamanan akun di platform belanja tersebut.

Platfom yang didirikan William Tanuwijaya tersebut mengklaim memiliki keamanan berlapis dengan one time password atau OTP, yang hanya bisa diakses dalam kurun waktu tertentu.

Tokopedia pun meminta pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapa pun untuk keperluan apa pun.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending