Lontarkan Candaan Bawa Bom, Penumpang Pelita Air Ditangkap di Bandara Juanda 


Ilustrasi. Pesawat Pelita Air (Antara Foto)

AKTUALITAS.ID – Seorang penumpang pesawat Pelita Air IP 205 ditangkap karena melontarkan candaan membawa bom di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/12/2023).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar mengatakan, akibatnya penerbangan pesawat Surabaya-Jakarta itu pun mengalami keterlambatan.

“Kami sampaikan bahwa pesawat Pelita Air dengan no penerbangan IP 205 tujuan Jakarta mengalami keterlambatan penerbangan dikarenakan terdapat penumpang yang bercanda membawa bom,” kata Sisyani, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (6/12).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan  membenarkan insiden ancaman bom di pesawat Pelita Air IP205 dengan rute Surabaya-Jakarta. 

“Pelaku telah ditangkap dan ditahan aparat POM Lanudal Juanda karena bercanda mengenai adanya ancaman bom,” ucap Ramadhan dalam keterangannya, Rabu (6/12). 

Ia mengatakan, pesawat saat kejadian sudah take off dari bandara Juanda, Jawa Timur menuju Jakarta. Akan tetapi dengan adanya kejadian itu pesawat yang dimaksud kembali lagi atau mutar balik ke bandara asal. 

“Dengan adanya kejadian tersebut semua penumpang diturunkan dari dalam pesawat dan petugas melakukan pengecekan ke dalam pesawat perihal bom tersebut,” pungkasnya. 

Sebelumnya, kabar ancaman bom di pesawat Pelita Air hingga gagal lepas landas di Bandara Internasional Juanda viral di media sosial X yang dibagikan oleh akun @GerryS.

“BREAKING: Pelita Air IP205 PKPWD, SUB-CGK, bomb threat prior to take off, aircraft moved to remote area. Semoga bukan bom beneran!,” tulis akun @GerryS, dikutip Rabu (6/12/2023).  (RAFI)