Connect with us

Berita

Tongkang Batubara Tabrak Tiang Jembatan Batanghari, Gubernur Jambi Minta Pengusaha Ganti Rugi

Published

on

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jambi Al Haris meminta kepada pengusaha untuk bertanggung jawab atas insiden tongkang angkutan batubara yang menabrak Fender (Tiang Pancang Baja) Jembatan Batanghari I sehingga menyebabkan kerusakan pada Fender jembatan.

“Ada kejadian yang cukup serius yaitu insiden tongkang ataupun angkutan sungai kita yang menabrak Fender jembatan kita (Jembatan Batanghari I) beberapa hari yang lalu. Tentu saya menanggapi serius hal ini dengan mengumpulkan pengusaha tambang batubara untuk punya rasa tanggung jawab kalau memang tongkang mereka yang menabrak tersebut dengan memperbaiki yang rusak,” tegas Al Haris kepada wartawan, Selasa (14/5/2024).

Dirinya mengungkapkan, pihaknya saat ini terus berupaya dalam memperbaiki sistem yang ada terutama untuk percepatan jalan batubara agar tidak ada insiden yang menyebabkan kematian.

“Kita dari hari ke hari mencoba memperbaiki sistem yang ada ini, kemarin kita mencoba alihkan ke sungai untuk solusi jangka pendek menjelang percepatan jalan batubara kita yang berproses,” ungkapnya.

Selain itu, Al Haris juga menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jambi untuk melengkapi kelengkapan lalulintas sungai seperti rambu-rambu dan lain sebagainya.

“Kita juga mengakui bahwa kelengkapan di sungai masih belum lengkap, untuk itu saya instruksikan kepada Dishub untuk melengkapi itu semua diantaranya rambu-rambu lalulintas, pengamanan dan pengawasan dan juga menyiapkan pos-pos sungai tersebut.  Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Dan juga kita meminta BPJN untuk menghitung biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi jembatan itu,” pungkasnya.

Berdasarkan pemaparan dari Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Ibnu Kurniawan menyatakan kerusakan Fender Jembatan Batanghari I /Aur Duri I akibat tertabrak angkutan batubara sebanyak 2 titik yaitu kerusakan pada Fender Jembatan Pilar 4, kerusakan pada Fender Jembatan Pilar 5, dan hilangnya 1 buah Fender Jembatan Pilar 5 ,dan hilangnya 1buah Fender Jembatan pilar 6.

Sebelumnya, Kapal tongkang bermuatan batubara menabrak Jembatan Aurduri 1, Kota Jambi sekitar pukul 11.00 WIB, Senin (13/5/2024).

Akibatnya, tiang penyangga jembatan yang menghubungkan Kota Jambi dan Muaro Jambi itu roboh.

Detik-detik kapal tongkang menabrak tiang jembatan itu sempat diabadikan warga. Tampak jelas kapal tongkang yang ditarik menggunakan tagboat itu menabrak hingga tiang penyangga roboh.

Dalam video yang dilihat kapal tongkang itu melaju dari arah hulu Sungai Batanghari menuju arah hilir. Tongkang batubara yang menghantam tiang jembatan batubara tersebut bermerek MJS2001.

“Aduh! Hancur jembatan,” sebut perekam video.

[Muslami Effendi/Kiki Budi Hartawan]

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending