Connect with us

Dunia

Zelenskyy Pui Keputusan Biden Mundur dari Pilpres 2024

Published

on

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (AP Photo)

AKTUALITAS.ID –  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan rasa hormat dan terima kasihnya kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden setelah pengumuman Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali dalam pemilu presiden 2024. Dalam sebuah pernyataan yang diposting di platform X, Zelenskyy menekankan bahwa banyak keputusan penting telah diambil oleh Biden selama masa jabatannya yang akan dikenang sebagai langkah berani dalam menghadapi masa-masa sulit.

“Banyak keputusan telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dan keputusan tersebut akan dikenang sebagai langkah berani yang diambil Presiden Biden dalam merespons masa-masa sulit. Dan kami menghormati keputusan yang sulit namun tegas hari ini,” kata Zelenskyy.

Keputusan Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali datang bersamaan dengan dukungannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat. Langkah ini menandai perubahan besar dalam dinamika politik AS menjelang pemilu mendatang.

Zelenskyy menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Biden yang konsisten terhadap perjuangan Ukraina untuk meraih kebebasan. “Ukraina berterima kasih kepada Presiden Biden atas dukungannya yang teguh terhadap perjuangan Ukraina untuk meraih kebebasan, yang, bersama dengan dukungan bipartisan yang kuat di AS, telah dan terus menjadi hal penting,” katanya.

Selama masa kepresidenan Biden, AS telah memainkan peran kunci dalam mendukung Ukraina di tengah agresi Rusia. “Biden mendukung Ukraina selama ‘momen paling dramatis dalam sejarah,’ serta membantu Kiev dalam mencegah Presiden Rusia Vladimir Putin ‘menduduki negara kami,'” tambah Zelenskyy.

Keputusan Biden untuk mundur dari pencalonan kembali muncul setelah penampilannya yang dinilai kurang memuaskan dalam debat presiden melawan mantan Presiden Donald Trump bulan lalu. Dalam surat pengunduran dirinya, Biden (81) menyatakan bahwa menjabat sebagai presiden adalah “kehormatan terbesar” dalam hidupnya dan meskipun ia awalnya berniat untuk mencalonkan diri kembali, ia memilih untuk mengundurkan diri demi kepentingan terbaik partai dan negara.

“Meski sudah menjadi niat saya untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan fokus pada pemenuhan tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan saya,” kata Biden.

Dengan dukungan yang diberikan kepada Kamala Harris, Biden berharap transisi kepemimpinan yang mulus akan terus membawa AS ke arah yang lebih baik di masa mendatang. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending