Connect with us

Jabodetabek

Dua Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Kerugian Ditaksir Rp2 Miliar

Published

on

Ilustrasi Foto Kapal Terbakar (iStockphoto)

AKTUALITAS.ID – Dua kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, pada Rabu (26/9) siang, dengan total kerugian materi mencapai Rp2 miliar. Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Gatot Sulaeman, menyebutkan bahwa kapal yang terbakar adalah Agung Cendana I dan KM Twindo 288.

“Kapal Agung Cendana I diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp500 juta, sedangkan KM Twindo 288 mencapai Rp1,5 miliar,” ujar Gatot dalam keterangannya.

Berdasarkan keterangan saksi di lapangan, kebakaran bermula saat KM Twindo 288 mengalami korsleting listrik ketika anak buah kapal (ABK) menyalakan mesin setelah pengisian bahan bakar minyak (BBM) dari kapal tongkang Agung Cendana I. Sesaat setelah mesin dihidupkan, muncul percikan api yang dengan cepat membesar dan menjalar ke kapal tongkang.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.33 WIB. Para nelayan yang berada di sekitar lokasi sempat berusaha menarik kapal tongkang agar api tidak menjalar ke kapal lain di sekitar pelabuhan.

“Api cukup besar, sehingga kami menurunkan 22 unit mobil pemadam dan mengerahkan 140 personel untuk memadamkan api,” tambah Gatot. Hingga malam, proses pendinginan masih berlangsung di lokasi kejadian.

Seorang pedagang di sekitar pelabuhan, Cipto (37), mengaku mendengar tiga kali ledakan dari lokasi kebakaran. “Ledakan pertama berasal dari kapal yang berada di pinggir, sedangkan dua ledakan lainnya terdengar dari kapal yang di tengah,” ungkapnya.

Menurut Cipto, kebakaran melibatkan kapal kolekting yang digunakan untuk mengambil ikan, serta kapal tongkang. “Kapal yang terbakar adalah kapal pengangkut ikan dan kapal tongkang,” jelasnya.

Pihak kepolisian dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. AKP I Gusti Ngurah Putu Khrisnha Narayana, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim), menyatakan bahwa timnya sedang memintai keterangan dari saksi-saksi yang merupakan awak kapal.

“Sampai saat ini api sudah berhasil dipadamkan, namun proses pendinginan oleh petugas damkar masih berlangsung. Kami akan terus mendalami kasus ini dan menunggu hasil investigasi lebih lanjut,” jelas AKP Khrisnha.

Beruntung, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending