Connect with us

Nasional

TNI AL dan Korps Marinir AS Gelar Latihan Bersama di Baluran

Published

on

AKTUALITAS.ID – Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bersama dengan Korps Marinir Amerika Serikat memperdalam strategi gerakan maju untuk kontak, serangan, dan penyergapan dalam latihan bersama di Pusat Latihan Tempur Marinir 5 Baluran, Sabtu (14/07/2024).

Latihan ini merupakan bagian dari rangkaian Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2024 yang bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit serta memfasilitasi pemahaman dan pelaksanaan tugas pokok sesuai jabatan masing-masing.

Komandan Satgas Latihan Bersama Platex 2024, Letkol Marinir Roni Saputra, menyatakan bahwa materi yang dipelajari mencakup cara penyampaian rencana manuver pasukan menuju daerah persiapan, serangan, pertahanan, dan dinamika di medan tempur.

“Latihan ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan, dan mengasah kemampuan taktik, teknik, serta keterampilan tempur prajurit dalam kerja sama di tingkat kelompok, regu, peleton, dan kompi,” ujar Letkol Marinir Roni Saputra, yang juga menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir. 

Letkol Roni menekankan pentingnya keseriusan dalam latihan untuk menguasai materi operasi tempur aspek darat, yang sangat krusial saat melaksanakan tugas di daerah operasi atau pertempuran.

“Laksanakan dengan sungguh-sungguh, pahami dan kuasai materi operasi tempur aspek darat karena sangat membantu saat melaksanakan tugas di daerah operasi atau daerah pertempuran,” tambahnya.

Latihan bersama ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis dan taktis prajurit, tetapi juga memperkuat kerja sama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat. 

Platex 2024 menjadi platform penting bagi kedua negara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai aspek operasi tempur, sekaligus memperkuat hubungan bilateral di bidang pertahanan dan keamanan. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending