Connect with us

POLITIK

TNI-Polri Bantu KPU Distribusikan Logistik Pilkada ke Daerah Terpencil

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin, menyatakan bahwa TNI dan Polri akan mendukung penuh distribusi logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, terutama ke wilayah-wilayah terluar dan terpencil di Indonesia. Kerja sama ini telah diformalkan melalui nota kesepahaman (MoU) antara KPU dan TNI-Polri.

“TNI-Polri akan menyiapkan armada mereka, seperti helikopter dan KRI, untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses, termasuk daerah perbatasan dan pulau-pulau terpencil,” ujar Afifuddin saat memeriksa pabrik percetakan surat suara di Surabaya, Kamis (17/10/2024).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berkomitmen membantu mengatasi tantangan logistik yang kerap dihadapi, terutama di wilayah dengan akses transportasi yang terbatas. Selain itu, KPU juga telah berkoordinasi dengan Menko Polhukam dan Mendagri untuk memastikan kesiapan Pilkada Serentak 2024, yang akan dilaksanakan pada 27 November.

Selain mendukung distribusi logistik ke daerah terpencil, TNI-Polri juga akan fokus membantu di wilayah rawan bencana. Rencana cadangan sudah disiapkan untuk memastikan pemungutan suara tetap berjalan lancar di daerah yang berpotensi bencana, seperti banjir.

Pilkada Serentak 2024 akan diikuti oleh masyarakat di seluruh Indonesia untuk memilih pemimpin di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi. Setelah pemungutan suara, proses penghitungan dan rekapitulasi akan dilakukan hingga pertengahan Desember, dengan penetapan pemenang dan penyelesaian sengketa hingga pelantikan pada Februari 2025. (Enal Kaisar)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending