Connect with us

Ragam

Mencegah Penyakit Jantung, Kenali Risiko dan Hidup Sehat

Published

on

Ilustrasi. Penyakit Jantung. (ist)

AKTUALITAS.ID – Dr. dr. Dafsah Arifa Juzar, Sp.JP (K), Chairman Heartology Cardiovascular Hospital, menekankan pentingnya pemahaman mengenai faktor-faktor risiko penyakit jantung untuk mencegah kemunculannya. Menurut Dr. Dafsah, individu memiliki tanggung jawab besar terhadap kesehatan tubuhnya sendiri dengan mengenali lima faktor risiko utama: tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, berat badan berlebih, dan kebiasaan merokok.

“Dalam intinya, setiap individu harus menyadari faktor-faktor risiko ini untuk menjaga kesehatan jantung mereka,” ujar Dr. Dafsah di Jakarta. 

Ia juga menggarisbawahi perlunya pengendalian faktor risiko tersebut untuk mencegah progresivitas penyakit jantung yang dapat berujung pada kematian.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor dua di Indonesia. Oleh karena itu, Dr. Dafsah menekankan pentingnya kesadaran akan pencegahan dan deteksi dini penyakit ini. Sementara itu, dokter dan health influencer Reisa Broto Asmoro menambahkan pentingnya medical check-up rutin, terutama bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun atau memiliki faktor risiko tertentu.

“Menjalani gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang baik dan olahraga rutin, sangat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung,” kata Reisa. 

Ia juga menekankan peran orang tua dalam membiasakan gaya hidup sehat kepada anak-anak untuk mencegah penyakit jantung di masa depan.

Dengan mencegah lebih baik daripada mengobati, kita dapat menjaga kesehatan tubuh secara lebih efektif dan ekonomis. (KAISAR/RAFI)

Continue Reading

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending