Connect with us

Ragam

Konsumsi Ikan Selama Kehamilan Bisa Turunkan Risiko Autisme pada Anak

Published

on

Ilustrasi. Konsumsi ikan bagi wanita hamil. (ist)

AKTUALITAS.ID – Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan selama kehamilan dapat menurunkan risiko gangguan spektrum autisme pada anak-anak hingga 20 persen. Manfaat ini tampak sangat signifikan, terutama pada anak perempuan.

Studi yang dilakukan oleh Dr. Emily Oken dan timnya mengevaluasi data diet dari sekitar 4 ribu ibu hamil dan menemukan bahwa asupan ikan berhubungan langsung dengan penurunan risiko autisme dan sifat terkait autisme, seperti yang diukur menggunakan Social Responsiveness Scale (SRS). Konsumsi ikan lebih dari dua kali seminggu menunjukkan manfaat yang lebih besar, sementara makan ikan kurang dari sekali sebulan tidak memberikan efek yang sama.

Namun, peneliti tidak menemukan hubungan signifikan antara suplemen omega-3 dan penurunan risiko autisme. Temuan ini menyoroti pentingnya konsumsi ikan dibandingkan suplemen dalam diet kehamilan.

Dr. Oken mengungkapkan, “Studi ini menambah bukti tentang manfaat kesehatan dari konsumsi ikan secara teratur selama kehamilan, termasuk risiko kelahiran prematur yang lebih rendah dan perkembangan kognitif yang lebih baik.”

Para peneliti menekankan perlunya peningkatan pesan kesehatan masyarakat terkait pedoman konsumsi ikan untuk wanita hamil, mengingat rendahnya konsumsi ikan di banyak populasi dan meningkatnya prevalensi autisme. 

Dengan hasil penelitian ini, ibu hamil didorong untuk memasukkan ikan dalam diet mereka untuk mendukung kesehatan neurodevelopmental anak-anak mereka di masa depan. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending