Connect with us

Ragam

Deteksi Dini Kanker Payudara Tingkatkan Harapan Hidup

Published

on

Ilustrasi. Kanker Payudara (Freepik)

AKTUALITAS.ID – Kanker payudara sering kali tidak menimbulkan gejala, membuat deteksi dini menjadi sangat penting. Dr. Richard J. Bleicher, Kepala Divisi Bedah Payudara di Fox Chase Cancer Center, Deteksi Dini Kanker Payudara Tingkatkan Harapan Hidupmenyatakan bahwa banyak wanita tidak merasakan perubahan yang signifikan pada tahap awal. Namun, beberapa tanda yang perlu diwaspadai adalah pembengkakan di payudara, tulang selangka, atau ketiak, serta perubahan pada kulit seperti tekstur menyerupai kulit jeruk, retraksi puting, kemerahan, dan keluarnya cairan dari puting.

Menurut data American Cancer Society (ACS), setiap tahunnya hampir 311.000 kasus baru kanker payudara didiagnosis pada wanita di Amerika Serikat, sementara sekitar 3.000 kasus terdeteksi pada pria. Saat ini, United States Preventive Services Task Force (USPSTF) merekomendasikan agar wanita mulai menjalani pemeriksaan rutin kanker payudara setiap dua tahun sejak usia 40 tahun.

Kanker payudara dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu noninvasif yang belum menyebar dan invasif yang sudah menyebar ke bagian lain tubuh. Penyebab utama dari kondisi ini mencakup faktor genetik, usia, riwayat reproduksi, serta kepadatan jaringan payudara. Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa dikendalikan seperti gaya hidup tidak aktif, berat badan berlebih, kehamilan pertama setelah usia 30, tidak menyusui, konsumsi alkohol, dan merokok.

Dr. Wael Harb, seorang onkolog medis dari MemorialCare Cancer Institute, menekankan bahwa dengan kemajuan teknologi medis, prognosis pasien kanker payudara kini jauh lebih baik. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker payudara mencapai hingga 99 persen bagi mereka yang belum menyebar, sementara untuk kasus yang lebih lanjut, tingkat kelangsungan hidup mencapai 86 persen.

Berbagai pilihan pengobatan yang tersedia saat ini, seperti kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, pembedahan, terapi target, dan terapi biologis, memberikan harapan lebih besar bagi pasien. 

“Kini, kami memiliki perawatan yang lebih baik dan kurang invasif, dengan efek samping yang lebih ringan,” tambah Dr. Bleicher.

Penting bagi wanita untuk terus meningkatkan kesadaran diri terhadap risiko kanker payudara dan melakukan deteksi dini. Dengan penanganan yang tepat, harapan hidup bagi pasien kanker payudara terus meningkat, membawa optimisme baru di tengah perjuangan melawan penyakit ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending