Connect with us

POLITIK

KPU Gandeng Disdukcapil untuk Pastikan DPT Akurat di Pilkada 2024

Published

on

AKTUALITAS.ID – Anggota KPU RI, August Mellaz, menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akurat dalam Pilkada Serentak 2024.

“Kami terus berkoordinasi dengan Disdukcapil. Semakin lama semakin baik, dan data pemilih semakin akurat,” ujar Mellaz kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Menurut Mellaz, isu penggelembungan DPT bukan lagi menjadi perhatian utama KPU karena kemungkinannya sangat kecil. Proses penetapan DPT di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi juga diawasi secara ketat oleh pengawas pemilu.

“Harusnya tidak ada kendala, dan selisihnya tidak signifikan. Masih dalam batas-batas normal,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mellaz menjelaskan bahwa DPT untuk Pilkada 2024 merupakan hasil dari pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang diperbarui setiap enam bulan sekali. Data ini juga diperbarui berdasarkan DPT dari pemilu sebelumnya.

“Kalau kita periksa apakah ada penggelembungan atau tidak, kita bisa membandingkan DPT yang ditetapkan pada pilkada dengan DPT pemilu sebelumnya,” jelas Mellaz. (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending