Connect with us

Berita

Polisi Siapkan Enam Pos Pantau untuk Amankan Sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Istiqlal

Published

on

AKTUALITAS.ID – Polsek Sawah Besar menyiapkan enam pos pantau guna memastikan keamanan selama berlangsungnya Sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kapolsek Sawah Besar Kompol Dhanar Dhono Vernandhie mengonfirmasi hal ini pada Senin.

“Kami sudah buatkan enam pos pantau yang nanti kita tempatkan di gerbang-gerbang Istiqlal,” ujar Kompol Dhanar. Pos-pos tersebut ditempatkan di Gerbang Al Ghaffar, Al Aziz, Al Jabbar, Al Fattah, Al Mukmin, dan As Salam.

Pengamanan ini melibatkan 250 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan pihak terkait lainnya di Masjid Istiqlal. Kompol Dhanar menjelaskan bahwa Masjid Istiqlal memiliki tujuh gerbang, di mana satu gerbang khusus untuk VVIP, termasuk Wakil Presiden, yang pengamanannya diambil alih oleh Paspampres.

“Kami fokus pada kelancaran akses VVIP, pejabat menteri, para menteri, hingga keamanan dan kelancaran jamaah,” tambahnya. Tim pengamanan gabungan akan mulai siaga sejak pukul 04.00 WIB untuk melakukan apel dan persiapan pengamanan.

Kompol Dhanar mengimbau masyarakat agar datang lebih awal untuk mengantisipasi keramaian dan lebih berhati-hati terhadap barang bawaan guna mencegah pencurian kendaraan bermotor. “Parkir harus di tempat yang sudah disediakan, seperti di Pertamina, Gereja Katedral, Kantor Kementerian Agama, Lapangan Banteng, SMPN 04 Jakarta, dan Masjid Istiqlal,” ujarnya.

Pengamanan ini dianggap serius dan tidak boleh dianggap remeh. “Pengamanan ini serius, tidak boleh main-main atau menyepelekan,” tegas Kompol Dhanar.

Sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal akan dipimpin oleh H Martomo Malaing sebagai imam, dan Prof Dr Amien Suyitno sebagai khotib. Wakil Presiden juga direncanakan untuk hadir bersama para menteri dan duta besar negara sahabat.

“Sholat Idul Adha akan dimulai pukul 07.00 WIB dan dihadiri Bapak Wapres serta para menteri dan duta besar negara sahabat,” ujar Ismail Cawidu, Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal, pada Minggu (16/6). (NOUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending