Connect with us

Jabodetabek

Prakiraan BMKG: Hujan Ringan di Jakarta Sore hingga Malam

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akan mengalami hujan ringan pada sore hingga malam hari. Sementara itu, pada pagi hari, sebagian besar wilayah DKI Jakarta diprediksi akan bercuaca berawan tebal, dengan pengecualian di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan yang hanya berawan.

Perubahan Cuaca di Siang dan Sore Hari

Menjelang siang, cuaca di sebagian wilayah Jakarta masih akan tetap sama. Hanya Kepulauan Seribu yang diprediksi mengalami perubahan dari berawan tebal menjadi lebih mendung. Pada sore hari, cuaca cerah berawan akan menyapa wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat, sementara Kepulauan Seribu tetap berawan tebal. Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan mengalami hujan ringan pada sore hingga malam hari.

Cuaca Dini Hari dan Kondisi Angin

BMKG juga memprakirakan bahwa pada dini hari, sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan bercuaca cerah berawan, kecuali di Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu yang akan tetap berawan. Suhu udara di Jakarta diperkirakan berkisar antara 27 hingga 28 derajat Celcius, dengan kecepatan angin mencapai 3 hingga 13 km per jam.

Peringatan Megathrust dari BPBD DKI Jakarta

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan bahwa isu megathrust yang berpotensi melanda Pulau Jawa tidak boleh dianggap remeh. Pemerintah bersama para pemangku kepentingan diminta untuk segera melakukan upaya antisipasi guna mengurangi risiko korban jiwa dan kerugian materi yang besar.

Terdapat beberapa sumber gempa di sekitar Jakarta yang berpotensi berdampak pada wilayah ini, termasuk tiga sesar aktif, yaitu Sesar Baribis dengan potensi gempa berkekuatan Magnitudo 6,5, Sesar Lembang dengan potensi M6,8, serta Sesar Cimandiri yang berpotensi memicu gempa berkekuatan M6,7.

Dengan kondisi cuaca yang beragam dan potensi ancaman gempa, warga Jakarta diimbau untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending