Kepala Bapenas: Badan Otorita Khusus Ibu Kota Baru Dibentuk Desember


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa , (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo, tetap meminta agar pembangunan Ibu Kota RI yang baru di Kalimantan, benar-benar mewujudkan sebagai kota masa depan.

Maka pemerintah dalam waktu dekat ini, akan membentuk Badan Otorita Khusus yang nantinya secara teknis akan memulai pembangunan Ibu Kota pengganti Jakarta itu.

“Badan Otorita mungkin paling enggak bulan depan (dibentuk),” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, usai menghadap Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/11).

Siapa nanti yang menjabat, Suharso mengatakan masih harus dipertimbangkan bersama dengan Presiden Jokowi. Dia juga memastikan, saat ini rencana pemerintah dalam memindahkan Ibu Kota RI masih sesuai rencana. Tahapan-tahapannya, tidak ada yang diundur atau dimajukan.

“Insya Allah groundbreaking mungkin 2020 akhir atau 2021, 2023 sudah dikunci semua,” kata Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Untuk konsep saat ini, dia menjelaskan, Ibu Kota RI yang baru akan mempertahankan ciri-ciri sebagai daerah hutan. Maka konsep kota yang asri akan dibuat.

Ciri Indonesia sebagai negara maritim, menurut Suharso, juga akan dikembangkan di Ibu Kota baru itu. Karena dari total keseluruhan lahan yang mencapai ratusan ribu hektare, yang digunakan sebagai pusat pemerintahan hanya sekitar 40 ribu hektare.

“Jadi untuk menunjukkan bahwa kita ini negara maritim kan, negara kepulauan. Tentu laut yang indah, yang masuk ke teluk itu kan luar biasa bagusnya. Jadi mungkin akan jadi ikonik dunia lah,” katanya.

Selain itu ada selat dari lahan yang rencananya akan digunakan sebagai Ibu Kota RI yang baru. Yakni yang memisahkan ataran Balikpapan dengan Kabupaten Paser Penajam Utara.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>