Faisal Basri: 38% Surat Utang RI Banyak Pegang Asing


Ekonom Senior Faisal Basri

AKTUALITAS.ID – Ekonom Senior Faisal Basri mengkritik porsi utang pemerintah yang 38% dimiliki asing. Ia menyebut kepemilikan asing di surat utang pemerintah tertinggi dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

“Utang pemerintah 38% dipegang asing. Indonesia adalah negara yang utang pemerintahannya tertinggi yang dipegang oleh asing. Di negara-negara lain rata-rata di Filipina di bawah 10%, Malaysia yang agak gede 22%. Kita 38,3% government currency bonds per Maret 2019,” kata Faisal dalam dalam acara Dialog APBN untuk Indonesia Maju di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (10/12).

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah membuat ketidakpastian dengan membuat porsi asing cukup besar dalam memegang surat utang.

“Yang membuat ketidakpastian adalah pemerintah,” tambahnya.

Sebelumnya, Faisal juga mengatakan bahwa investor lokal di pasar modal sudah cukup mendominasi dengan persentase 66%. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan beberapa tahun lalu di level 50%.

“Yang menarik juga saya lihat di stock market investor lokal itu sudah dua per tiga. Lima tahun yang lalu 50%-50%, sekarang investor lokal dua per tiga. Persisnya ya 66% hampir dua per tiga,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>