Semakin Hari Bertambah, TPU Tegal Alur Sediakan Blok Khusus untuk Jenazah Corona


TPU Tegal Alur, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Sebanyak tiga jenazah Covid-19 sudah dikuburkan di Tempat Penguburan Umum (TPU) Tegal Alur, Rabu ( 25 /3/2020). Jenazah yang dikuburkan semakin hari semakin bertambah, lantaran makin banyak orang yang terinfeksi.

Sebuah blok pemakaman disediakan di tengah-tengah TPU Tegal Alur untuk jenazah Covid-19. Perhari ini saja sampai pukul 14.30 WIB sudah tiga jenazah Covid-19 yang dikuburkan di TPU tersebut.

“Hari ini sudah tiga. Ini sedang disiapkan enam lubang lagi,” kata petugas makam Asep (52) ditemui di TPU Tegal Alur.

Asep dan para petugas pemakaman lainnya terlihat sibuk menggali makam. Umumnya mereka menggali tanpa menggunakan sarung tangan ataupun masker. Asep mengatakan, pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) hanya digunakan ketika jenazah mulai datang diantarkan ambulans.

Ketika itu hanya beberapa petugas yang berkepentingan yang berada di dalam blok pemakaman tersebut. “Kami disediakan masker, sarung tangan dan jas hujan,” ujar Petugas tersebut.

Biasanya para petugas mobil ambulans mengantarkan jenazah yang sudah berada di dalam peti. Sisanya para petugas TPU yang mengangkat sampai memasukan jenazah ke dalam liang lahat yang sudah digali.

Setelah dikuburkan, beberapa pihak keluarga diizinkan masuk ke dalam blok pemakaman tersebut. Mereka diizinkan untuk mendoakan keluarga yang meninggal terkena Covid-19.

Petugas makam lainnya Asep (32) tidak menampik bahwa jenazah Covid-19 yang mereka kuburkan semakin bertambah dari hari ke hari. Terkadang bahkan mereka berinisiatif untuk menggali liang lahat sebanyaknya agar jenazah siap dikuburkan ketika sampai.

“Karena biasanya dadakan. Jadi ini umumnya kami gali dulu yang banyak ketika jenazah datang sudah siap,” jelas Asep.

Sampai Rabu siang, sudah enam liang lahat baru mereka gali. Liang lahat itu terlihat sudah siapkan digunakan oleh jenazah covid-19.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>