Connect with us

Berita

Panen Kerap Molor, Menko Airlangga Sebut Indonesia Terjerat Impor Pangan

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengakui permasalahan pangan dihadapkan dua pilihan antara panen dan impor . Pemerintah terpaksa melakukan impor bahan pangan lantaran musim panen yang sering molor. “Panen jadwalnya sering mundur dan tergantung cuaca, tapi ini berkaitan dengan bahan baku,” kata Menko Airlangga dalam Webinar IPMI bertema ‘Triple Helix Innovation for Sustainable […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengakui permasalahan pangan dihadapkan dua pilihan antara panen dan impor . Pemerintah terpaksa melakukan impor bahan pangan lantaran musim panen yang sering molor.

“Panen jadwalnya sering mundur dan tergantung cuaca, tapi ini berkaitan dengan bahan baku,” kata Menko Airlangga dalam Webinar IPMI bertema ‘Triple Helix Innovation for Sustainable Food System in Indonesia Amid Covid-19’, Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Menko Airlangga menambahkan antara panen dan kebutuhan juga sering terjadi ketidakcocokan. Semua tergantung masa panen dan faktor alam.

Nilai tukar pertanian dan inflasi juga jadi pertimbangan pemerintah dalam memutuskan impor bahan pangan. Terjaganya harga bahan pokok akan berdampak pada inflasi yang terkendali.

Selain itu, lanjut Menko Airlangga, pemerintah ingin memutus impor pangan dengan meningkatkan minat anak muda pada industri pertanian. Harapannya agar produk pertanian bisa menghasilkan nilai tambah.

“Anak muda sekarang belum tentu mau masuk ke pertanian dan ini harus didorong mekanisasinya,” kata dia.

Hal yang penting saat ini bidang mekanisasi. Sebab selama ini petani sering mendapatkan bantuan peralatan, tetapi mereka tidak diberikan pelatihan untuk memaksimalkan alat tersebut.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending