Keberatan Foto Prajuritnya Jadi Alat Kampanye Akhyar Nasution, TNI AL Datangi Bawaslu


Keberatan Foto Prajuritnya Jadi Alat Kampanye Akhyar Nasution, TNI AL Datangi Bawaslu, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Sejumlah personel Marinir mendatangi kantor Bawaslu Medan, Jalan Sei Bahorok, Medan, Rabu (21/10) sore. Mereka berniat membuat laporan karena keberatan foto prajuritnya menggendong Akhyar Nasution, calon wali kota nomor urut 1, dijadikan materi kampanye.

Ada dua foto beberapa personel Marinir menggendong Akhyar yang digunakan dalam video yang mengampanyekan pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (AMAN). Kedua foto itu ditampilkan dalam 4 detik terakhir video. Foto itu diduga diambil di kawasan Medan Utara, saat mantan aktivis GMNI itu aktif menjabat Plt Wali Kota Medan.

Personel yang datang ke Sekretariat Bawaslu Medan dipimpin Komandan Batalyon (Danyon) Marinir Pertahanan Pangkalan (Marhanlan) Lantamal I Belawan, Letkol Marinir Farick. Namun saat ditanya wartawan tentang keberatannya, dia menolak memberi keterangan. “Ke Bawaslu saja ya,” ucap Farick.

Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap mengatakan, kedatangan Letkol Mar Farick dan anggotanya untuk menyampaikan keberatan. “Mereka keberatan ada video seorang marinir yang menggendong calon nomor urut 1. Mereka mau membuat laporan, tapi mereka tidak punya hak membuat laporan,” kata Payung.

Dia menjelaskan, sesuai ketentuan, yang diperbolehkan membuat laporan di Bawaslu adalah warga negara Indonesia yang punya hak pilih. Sementara TNI tidak punya hak pilih.

Meski begitu, lanjut Payung, bukan berarti mereka menolak atau tidak menindaklanjuti keberatan itu. “Kita limpahkan ke pihak terkait, dalam hal ini tim paslon nomor urut 1,” jelasnya.

Pilkada Kota Medan dijadwalkan digelar 9 Desember mendatang. Dua pasang calon telah ditetapkan KPU Kota Medan, yakni pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, dan pasangan nomor urut 2, M Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman. Akhyar sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota/Plt Wali Kota Medan, sedangkan Bobby dikenal sebagai menantu Presiden Joko Widodo.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>