Menko Luhut: Pemerintah akan Hentikan Pembangkit Listrik Batu Bara Secara Bertahap


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan,AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa pemerintah akan menghentikan operasional power plant atau pembangkit listrik berbasis batu bara di Indonesia secara bertahap.

Ini perlu dilakukan mengingat pemanfaatan energi fosil tersebut sudah banyak ditinggalkan di berbagai negara, bahkan menjadi musuh bersama.

“Secara bertahap pemerintah Indonesia juga sudah bisa mempensiunkan power plant batu bara. Karena sekarang ini kelihatannya fosil energi sudah menjadi musuh bersama,” ucapnya dalam acara Indonesia Investment Forum 2021 secara virtual, Kamis (27/5/2021).

Luhut menambahkan, alasan pemerintah tersebut lantaran perbankan internasional sudah berkomitmen untuk tidak lagi mendanai pembangunan power plant bersumber energi fosil. Sebab, dampak pemanfaatan power plant batu bara dinilai bertanggung jawab langsung terhadap pemanasan global.

“Perbankan internasional pun sudah tidak mau lagi mendanai energi fosil. Kenapa itu terjadi? Karena pemanasan global sekarang membuat bumi makin panas,” ungkapnya.

“Jadi kalau naik saja sampai 1,5 derajat, itu akan punya dampak yang tidak bagus,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ke depan, pemerintah akan lebih berfokus pada pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT). Menyusul, juga adanya peluang lebar bagi investor untuk berinvestasi di bidang EBT. “Karena, Indonesia punya potensi luar biasa di bidang energi terbarukan,” tekannya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>