Jubir Presiden: Keputusan PPKM 4 Hasil Rekomendasi Masyarakat dan Ilmuwan


Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan keputusan Presiden Joko Widodo melanjutkan PPKM dengan mengganti istilah dengan level berdasarkan rekomendasi ilmuwan dan masyarakat. PPKM tersebut diperpanjang terhitung 26 Juli – 2 Agustus 2021.

“Kebijakan ini merupakan rekomendasi dari ilmuwan, masyarakat dan berbagai elemen bangsa lainnya,” kata Fadjroel dalam keterangan pers, Selasa (27/7/2021).

Dia menjelaskan pemerintah mengoptimalkan program perlindungan sosial (perlinsos) agar masyarakat tetap mencukupi kebutuhan dasar selama pelaksanaan PPKM. Selain itu, program perlinsos selama PPKM, melalui Kemensos secara reguler telah menyalurkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Kartu Sembako.

Pada masa PPKM, pemerintah menambah perlinsos untuk rakyat, diantaranya penambahan jumlah manfaat Kartu Sembako untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), perpanjangan Bantuan Sosial Tunai (BST), keberlanjutan Subsidi Kuota Internet, Diskon Listrik, Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abonemen.

Kemudian, penambahan anggaran untuk Program Prakerja serta pemberian Bantuan Subsidi Gaji/Upah untuk Pekerja/Buruh (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan untuk Warung atau Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan untuk dunia usaha selama PPKM Level 4 diantaranya pemberian insentif fiskal yaitu Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas sewa toko di pusat perbelanjaan atau mal akan Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk masa pajak bulan Juni sampai dengan Agustus 2021,” bebernya.

Dia mengatakan pemerintah mengapresiasi seluruh elemen bangsa yang telah menaati PPKM. Sehingga berhasil melindungi keselamatan diri, keluarga dan lingkungan luas.

“Pada saat bersamaan, program vaksinasi yang makin merata diharapkan segera menciptakan imunitas kelompok (herd immunity) secara nasional. Kita yakin Indonesia sehat. Kita yakin Indonesia Maju dengan bergotong-royong,” ungkapnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>