Dinyatakan Layak, Stadion Gelora Bangkalan Masih Ada yang Harus Diperbaiki


Stadion Gelora Bangkalan (Instagram @stadiongelorabangkalan)

AKTUALITAS.ID – Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dinyatakan layak untuk dijadikan tempat pertandingan Liga 1 Indonesia 2023-2024. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Auditor Mabes Polri Kombes Pol Muhammad Yudi Hartanto, Selasa (6/6/23).

Meski sudah dinyatakan layak, Yudi menyebut masih ada beberapa sarana yang memerlukan perbaikan.

“Kami sudah menyampaikan rekomendasi tersebut ke Pemkab Bangkalan dan Panitia Pertandingan dari Klub Madura United FC,” ujar Yudi.

Sarana dan Prasarana, serta kenyamanan penonton saat menyaksikan pertandingan, papar Yudi menjadi tolak ukur sebuah stadion dikatakan layak menjadi Homebase klub sepakbola profesional.

“Yang belum lengkap jelas harus dilengkapi secepatnya,” kata dia.

Pada musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2023-2024 ini, manajemen Madura United FC mengusulkan dua stadion sebagai kandang klub sepakbola berjuluk Laskar Sape Kerrap itu. Masing-masing Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Kabupaten Pamekasan dan Stadion Gelora Bangkalan (SGB) di Kabupaten Bangkalan.

Laga kandang akan digelar di dua stadion itu secara bergantian, agar pertandingan bisa dinikmati oleh semua warga di empat kabupaten di Pulau Garam tersebut.

Secara terpisah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Bangkalan Akhmad Ahadiyan Hamid membenarkan hasil penilaian akhir tim auditor Mabes Polri yang menyebutkan bahwa SGB layak ditempati pertandingan Liga 1 Indonesia 2023-2024 itu.

“Kabar ini tentu sangat membanggakan,” katanya.

Ia menuturkan, pada 2022, SGB belum dinyatakan layak sehingga usulan untuk menjadi kandang klub sepakbola Madura United FC ditolak.

“Karena waktu itu, SGB dinilai belum sesuai standar operasional. Karena itu, kami lalu melakukan perbaikan, dan alhamdulillah SGB dinyatakan layak, kendatipun ada beberapa sarana yang perlu diperbaiki,” kata Akhmad.

Ia menjelaskan, sejumlah sarana yang rusak dan perlu segera diperbaiki sesuai hasil rekomendasi tim di antaranya lampu penerangan.

“Lebih dari unit mati dan perlu segera diganti,” kata dia.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Auditor dari Mabes Polri yang telah memberi banyak arahan serta bimbingan kepada Pemkab Bangkalan.

“Ketiga SGB dinyatakan layak, tentu bukan hanya Pemkab Bangkalan yang senang, akan tetapi juga masyarakat penikmat bola di kabupaten ini, karena bisa menikmati tontonan yang menghibur di kabupaten ini,” katanya. (Red/ANT)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>