FIBA World Cup 2023 Dibuka Presiden Jokowi, Menpora Dito Tonton Serunya Laga Perancis Lawan Kanada


AKTUALITAS.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito menghadiri pembukaan FIBA World Cup 2023 sekaligus menyaksikan pertandingan antara Perancis lawan Kanada di Indonesia Arena, Jakarta, Jumat (25/8) malam.

Menpora Dito yang tiba sekitar pukul 19.00 WIB langsung masuk menuju royal box untuk menyaksikan acara pembukaan. Acara dimulai pada pukul 19.20 WIB. Dibuka tari tradisional kolosal yang ditampilkan puluhan penari dengan baju adat berbagai daerah mulai dari Betawi, Sunda, Minangkabau, Madura, Jawa, Dayak, hingga Papua.

Tak lupa enam ondel-ondel betawi juga turut memeriahkan tarian. Selama pertunjukan tari, Terdapat lagu-lagu daerah yang mengiringi seperti Gundul-gundul Pacul, Jali-jali, hingga Sinanggar Tulo.

Usai pertunjukan tari, pembawa acara Nirina Zubir mengajak penonton menyimak pidato Jokowi yang sekaligus jadi pembuka Piala Dunia Basket 2023.

“Hari ini Indonesia jadi tuan rumah bersama ajang bergengsi dunia yaitu FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena,” kata Jokowi dalam video.

“Piala dunia ini diikuti 32 negara dan ada delapan negara yang bertanding di Jakarta. Tentunya ini kesempatan yang baik untuk komunitas basket di tanah air untuk menyaksikan dari dekat aksi pertandingan elas dunia. Ini akan membantu tim nasioal bola basket di masa depan,” ucap Jokowi.

“Dengan mengucap bismillah, FIBA World Cup 2023 resmi saya buka hari ini,” buka Presiden Jokowi melalui virtual.

Seremoni pembukaan kembali dimeriahkan dengan tari kolosal modern. Beberapa saat kemudian giliran penyanyi pop Indonesia Agnez Mo sukses menyihir perhatian penonton dengan penampilannya.

Ikut terlihat menteri yang hadir di pembukaan tersebut yakni, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dan Menteri BUMN Erick Thohir yang juga selaku central board member FIBA.

Sementara pertandingan antara Perancis vs Kanada, timnas basket Kanada tampil perkasa saat menjalani laga perdana fase Grup H FIBA World Cup 2023. Kanada menang dengan skor telak 95-65. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>