Perkuat Kerja Kehumasan Pemerintah, Menkominfo Tekankan Adaptasi dan Ketangkasan


AKTUALITAS.ID – Era digital telah mengubah wajah dan cara kerja kehumasan pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan perkembangan teknologi digital mendorong pemerintah untuk mengadopsi teknologi terbaru dalam menghadapi berbagai tantangan. Lebih dari itu, untuk memperkuat peran kehumasan, setiap insan humas pemerintah harus mampu beradaptasi dan tangkas.

“Kemampuan beradaptasi dan ketangkasan menjadi kunci bagi insan humas untuk memperkuat peran kehumasan pemerintah di era digital, utamanya sebagai instrumen utama dalam kebijakan publik dan layanan masyarakat, serta sebagai pilar pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel,” tandasnya saat memberikan Keynote Speech dalam Pengukuhan Pengurus Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Periode 2023-2028 di The Westin Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023)

Menkominfo mengapresiasi keberadaaan Bakohumas sebagai wadah bagi para humas pemerintah untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menjalankan fungsinya sebagai komunikator publik.

“Keberadaan Bakohumas berperan penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, apresiasi tinggi perlu diberikan pada konsistensi Bakohumas dalam menyebarkan informasi publik, termasuk narasi tunggal di dalamnya,” ungkapnya.

Menurut Menteri Budi Arie, Bakohumas telah menjadi perekat berbagai kementerian, lembaga, BUMN, hingga pemerintah daerah untuk saling mendukung berbagai program pemerintahan dan pembangunan. Mengingat pengelolaan komunikasi publik pemerintah kian teruji, utamanya setelah melewati masa pandemi Covid-19 dengan baik.

“Kita belajar bahwa keterbukaan informasi, kolaborasi, dan inklusivitas, menjadi kunci dalam menjaga situasi yang kondusif. Maka melalui komunikasi efektif, kita dapat menyampaikan informasi dan pesan positif, tentang program dan capaian pemerintah kepada publik,” tandasnya.

Menkominfo menekankan agar program komunikasi Bakohumas yang akan disusun, diharapkan bisa sejalan dengan program prioritas nasional yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Lebih dari itu, Menteri Budi Arie juga mengharapkan Bakohumas mampu mengatasi tantangan kekaca uan informasi dengan menerapkan komunikasi berbasis data.

“Khususnya potensi munculnya kekacauan informasi, atau sering disebut sebagai information disorder. Komunikasi berbasis data perlu diutamakan untuk mengantisipasi hal tersebut,” ungkapnya.

Dalam pengukuhan pengurus Bakohumas Periode 2023-2028, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Media Massa Widodo Muktiyo, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Teknologi Mochamad Hadiyana, serta Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Wijaya Kusumawardhana. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>