7.500 Peserta Ikut Pesparani Katolik 2023 di Ancol


AKTUALITAS.ID – Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik tingkat Nasional 2023 kembali diselenggarakan di Jakarta, tepatnya di Ancol Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Sabtu (28/10). Acara yang dihadiri Menteri Agama Yagut Cholil Qoumas ini diikuti sekitar 7.500 peserta dari 38 provinsi.

Menurut Yagut Cholil Qoumas, kegiatan sebagai pesta persaudaraan, keharmonisan, persatuan dan kesatuan, kerja sama, solidaritas, serta semangat. Pesparani ketiga ini mengangkat tema Kebersamaan dalam Keberagaman.

“Tema yang luar biasa, dalam Pesparani ini kita menemukan kontek kebersamaan dengan berbagai ragam. Indonesia dapat berdiri dan merdeka saat ini, karena keberagaman,” kata Yagut.

Menag berharap, kegiatan ini dapat mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan masyarakat khususnya umat Katolik terhadap ibadah gerejani.

“Saya yakin dan percaya umat Katolik di sini dapat menjaga kebersamaan dan pluralitas di Indonesia. Bahkan, dengan kebersamaan ini dapat menjadi contoh umat lainnya untuk membangun bangsa kita,” tuturnya.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI, Widyastuti, mengucapkan terima kasih terhadap Kementrian Agama yang telah menunjuk Jakarta sebagai tempat pelaksanaan Pesparani tingkat Nasional ketiga tahun ini. Pelaksanaan ini akan berlangsung hingga 1 November nanti.

“Ini suatu penghargaan bagi DKI untuk turut serta dalam membangun Negara dari sisi agama dan membantu mewujudkan Jakarta sebagai kota global yang mampu bersinergi lintas agama,” ucapnya.

Disamping itu, kegiatan ini dapat terselenggarakan atas kerja sama tiga pilar, yakni pemerintah, hierarki gereja-Konferesi Waligereja Indonesia, dan umat yang tergabung dalam Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) serta LP3K Daerah.

Ia menambahkan, ada 13 cabang yang akan dilombakan, dimana terbagi dalam empat kategori yaitu paduan suara, menyanyikan Mazmur, cerdas cermat rohani, dan tutur Kitab Suci.

Melalui kegiatan ini, diharapkan ada kesan positif karena ini modal kita dalam merawat kerukunan dan memupuk semangat toleransi dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Salah satu komitmen atau dukungan Pemprov DKI adalah mengajak seluruh OPD untuk turut serta menyiapkan acara ini, Semoga Pesparani 2023 dapat berjalan lancar, sukses dan membawa kedamian untuk kita semua,” harapnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>