Covid Naik Lagi, Berikut Manfaat Vaksin Booster Covid-19


Ilustrasi. Pemberian Vaksin Booster. (IST)

AKTUALITAS.ID – Covid-19 kembali naik di Indonesia. Hal ini ditandai dengan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini.

Kementerian Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. 

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi peningkatan kasus Covid-19 yang bisa berbahaya untuk masyarakat.

Pentingnya vaksin booster Covid-19

Pemberian vaksin booster tengah digencarkan, terutama setelah merebaknya kasus positif corona varian Omicron. Booster vaksin disebut juga vaksin dosis ketiga diberikan sebagai upaya untuk memutuskan rantai penularan Covid-19. Tujuannya dengan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan virus Corona.

Dengan melakukan booster, tubuh diyakini bisa melawan virus tersebut lebih kuat. Maka, jika terpapar gejala yang diderita pasien lebih ringan bahkan beberapa tidak bergejala.

Berikut beberapa manfaat vaksin booster Covid-19:

1. Memperkuat antibodi

Ahli pulmonologi, Erlang Samoedro juga sempat menjelaskan pentingnya booster vaksin untuk Covid-19 ini. Menurut dia, booster diperlukan untuk memperkuat antibodi.

“Booster diperlukan karena antibodi terhadap Covid-19 akan berkurang seiring berjalannya waktu. Biasanya setelah enam bulan sudah sedikit antibodinya, sehingga diperlukan booster,” kata Erlang.

2. Mencegah gejala berat

Vaksin booster tidak memberi perlindungan agar Anda tidak terpapar Covid-19. Justru yang dilakukan adalah meredam gejala yang timbul setelah terpapar.

Makanya, saat Anda melakukan booster dan terpapar Covid-19, gejala yang dialami ringan, bahkan beberapa tidak bergejala.

3. Meminimalisir rawat inap pasien akibat Covid-19 di RS

Booster memberi perlindungan agar imunitas tubuh lebih kuat. Jika imun kuat, ketika terpapar gejala tidak parah, dan cukup dirawat di rumah saja.

Keterisian rumah sakit gara-gara Covid-19 juga tidak akan berlebihan. Booster juga bisa melindungi lansia hingga anak-anak dari paparan Covid-19 yang bisa merenggut nyawa.  (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>