Nongkrong Bareng Petani, Bupati Kediri Dapat Kejutan Hasil Panen Kacang Panjang


Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana cangkruk atau nongkrong bareng petani Desa Kayen Kidul (Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana yang akrab disapa Mas Dhito mendapatkan kejutan berupa kacang panjang hasil panen petani Desa Kayen Kidul, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). 

Yang menarik, Mas Dhito dengan antusias langsung memikul kacang panjang tersebut langsung sendiri. Ini menjadi pengalaman pertama baginya menerima pemberian sayuran sebanyak itu dari para petani di wilayahnya.

“Setelah dua setengah tahun menjabat (bupati), ini pertama kali saya dikasih oleh-oleh oleh teman-teman petani,” ujarnya.

Selain kacang panjang, Bupati muda berusia 31 tahun itu juga menerima hasil panen lain seperti cabai dan terong. Melihat berlimpahnya pemberian dari petani, Mas Dhito berencana menjadikan sayuran tersebut sebagai bahan utama untuk membuat sayur lodeh.

Bupati tampak terharu atas perhatian yang diberikan oleh petani dan berjanji untuk segera menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh mereka. 

Bupati terlihat santai menghabiskan waktu dengan petani Desa Kayen Kidul dalam acara cangkruk atau nongkrong. Suasana penuh keceriaan terlihat saat para petani berbincang-bincang dengan orang nomor satu di Kabupaten Kediri tersebut.

Para petani mengungkapkan berbagai permasalahan terkait kondisi pertanian di Desa Kayen Kidul, termasuk masalah pengairan, pupuk subsidi, dan fluktuasi harga pertanian yang merugikan petani.

“Semua persoalan yang disampaikan, berikan kami waktu untuk menyelesaikan. Mulai dari pengairan, pasar murah, hingga pupuk. Pada tahun 2024, saya akan berusaha keras agar kebutuhan pupuk subsidi terpenuhi,” tegasnya.

Bupati yang gemar bersepeda ini juga meluncurkan 8 titik sumber air tenaga listrik di dua dusun yang berada di Desa Kayen Kidul. 

Sumber air ini diharapkan dapat mengatasi masalah pasokan air yang selama ini dialami petani setempat akibat dampak El-Nino. (YAN KUSUMA/RAFI)