Pemkab Nagan Raya Aceh Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan 0,13 Persen pada 2023


Pj Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas. (Dok. Pemkab Nagan Raya)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 0,13 persen dari angka 17,38 persen pada tahun 2022 menjadi 17.25 persen pada tahun 2023.

“Alhamdulillah angka kemiskinan di Kabupaten Nagan Raya turun sangat drastis, hal ini mendapat apresiasi dari Bapak Pj. Gubernur Aceh,” ujar Penjabat Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Sabtu (20/1/2024).

Fitriany mengatakan angka kemiskinan ekstrem di kabupaten tersebut pada  tahun 2021 sebesar 5.39 persen, dan telah turun menjadi 3.69 persen pada tahun 2022.

Ia menjelaskan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, harus segera diupayakan agar terus menurun pada tahun 2024.

Terkait dengan kemiskinan ekstrem, Fitriany meminta kepada camat agar progres pemutakhiran data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) agar benar-benar dipantau, diteliti dan membantu verifikasi terhadap data yang diterima dari keuchik (kepala desa) bersama instansi terkait lainnya.

“Karena ada data yang berbeda, maka dinas terkait harus lebih berhati-hati dalam menyalurkan bantuan agar lebih tepat dan akurat serta sesuai dengan data, kalau perlu lakukan koordinasi dengan camat,” tuturnya.

Ia mengharapkan ke depan perlu meningkatkan berbagai upaya secara berkesinambungan, sehingga memberikan dampak positif terhadap penurunan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Nagan Raya.

Kepala Bappeda Nagan Raya Rahmattullah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya pada tahun 2023, telah berkomitmen penuh untuk menurunkan angka kemiskinan sebagaimana tercantum dalam dokumen Rencana Pembangunan Kabupaten Nagan Raya tahun 2023-2026.

“Alhamdulillah di tahun 2023, kita berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 17,25 persen dan ini merupakan capaian penurunan angka kemiskinan dari target RPD (Rencana Pembangunan Daerah) yang telah kita susun untuk tiga tahun ke depan,” ujar Rahmat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>