Tragedi Jembatan Runtuh di Baltimore: Dua Pekerja Konstruksi Ditemukan Tewas


Bagian dari Jembatan Francis Scott Key patah setelah ditabrak sebuah kapal kontainer pada Selasa, 26 Maret 2024 di Baltimore. (AP)

AKTUALITAS.ID – Pada Rabu (27/3/2024), polisi negara bagian Maryland, AS, mengumumkan penemuan dua jasad pekerja konstruksi di tengah reruntuhan Jembatan Francis Scott Key di Baltimore. 

Kedua pekerja tersebut telah diidentifikasi sebagai Alejandro Hernandez Fuentes (35) dari Meksiko dan Dorlian Ronial Castillo Cabrera (26) dari Guatemala. Mereka adalah bagian dari tim yang melakukan perbaikan di atas jembatan saat kecelakaan tragis itu terjadi.

Menurut Roland Butler Jr, polisi Maryland, kedua korban ditemukan di dalam truk merah di kedalaman 7,6 meter. “Penyelam menemukan dua korban tragedi yang terperangkap di dalam kendaraan,” kata Butler.

Gubernur Maryland, Wes Moore, mengkonfirmasi bahwa kapal kontainer Dali yang berlayar di bawah bendera Singapura menabrak jembatan secara tidak sengaja pada Selasa (26/3/2024) pagi. 

Moore menekankan bahwa tidak ada bukti yang mendukung teori serangan teroris dalam insiden ini. Kapal Dali dilaporkan kehilangan aliran listrik sesaat sebelum menabrak jembatan.

Sementara itu, Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador, menyatakan keprihatinannya atas kejadian ini. “Dua pekerja yang awalnya terdaftar sebagai pekerja hilang adalah warga negara Meksiko,” ujar Presiden Obrador. 

“Pekerjaan mereka pada dasarnya berbahaya, dan kami mengecam kecelakaan ini sebagai tragedi yang tak terhindarkan.”

Insiden ini juga menyoroti keberadaan pekerja konstruksi asing di AS. Para pekerja ini berasal dari Meksiko, El Salvador, Guatemala, dan Honduras, dan sering kali melakukan pekerjaan yang berisiko tinggi demi mencari nafkah.

Kecelakaan tragis ini menjadi sorotan dan mengingatkan pentingnya keselamatan dalam industri konstruksi serta perlunya perlindungan bagi pekerja asing yang bekerja di luar negeri. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>