Peringatan Dini BMKG: Potensi Cuaca Buruk di Sejumlah Provinsi Indonesia


Ilustrasi. Hujan. (IST)

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi cuaca buruk di sejumlah wilayah Indonesia yang dapat terjadi pada Sabtu mendatang.

Menurut laman resmi BMKG di Jakarta, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang antara lain Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran. Dia menekankan pentingnya memantau informasi cuaca secara aktif sebelum melakukan perjalanan. Karnawati juga menyarankan agar jika kondisi cuaca memburuk, lebih baik menunda perjalanan daripada memaksakan diri, karena dapat membahayakan keselamatan.

“Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS),” ujar Karnawati.

Masyarakat diimbau untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan dan tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi keselamatan mereka. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>