Pemkot Bengkulu Siapkan Dana Rp28 Miliar untuk Sukseskan Pilkada 2024


Pemkot Bengkulu siapkan Rp28 miliar untuk Pilkada 2024. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Kota Bengkulu telah mengalokasikan dana sebesar Rp28 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) guna mendukung penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu, Gitagama Raniputera, menjelaskan bahwa dana tersebut akan disalurkan kepada berbagai pihak penyelenggara pengawas, termasuk tim pengamanan Pilkada 2024.

“Pemkot telah menghibahkan dana untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 yang berasal dari dan APBD senilai Rp28 miliar lebih dan sudah dirincikan juga,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu, dana tersebut akan dialokasikan ke beberapa lembaga, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp17,4 miliar, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu sebesar Rp3,2 miliar, serta untuk keperluan pengamanan Pilkada seperti Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu sebesar Rp4,3 miliar dan Kodim 0407 Kota Bengkulu sebesar Rp1,5 miliar.

Menanggapi penyaluran dana hibah untuk Pilkada, Gitagama menjelaskan bahwa langkah ini sesuai dengan regulasi yang berlaku, yakni Peraturan Menteri Nomor 54 Tahun 2019 dan Nomor 41 Tahun 2020. “Dalam upaya dukungan yang seharusnya memang diberikan untuk para tim pemilu maka dianggarkan dalam anggaran daerah,” katanya.

Penyaluran dana tersebut merupakan kelanjutan dari dukungan sebelumnya yang telah diberikan oleh Pemkot Bengkulu pada Desember 2023, di mana sejumlah Rp14,8 miliar telah diserahkan kepada KPU dan Bawaslu Kota Bengkulu untuk Pemilu 2024.

Dengan dukungan dana yang telah disiapkan ini, diharapkan Pilkada 2024 di Kota Bengkulu dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga masyarakat dapat memilih pemimpin daerah dengan proses yang transparan dan demokratis. (YAN KUSUMA/RAFI)