Connect with us

Nasional

Bawaslu Gelar Jalan Sehat Perkuat Integritas Jelang Pilkada 2024

Published

on

alt="bawalu gelar jalan sehat di jakarta"

AKTUALITAS.ID – Menyongsong Pilkada 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar kegiatan jalan sehat dan penanaman pohon manggis di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/7/2024). 

Acara ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran para anggotanya, tetapi juga sebagai simbol penguatan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu.

Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, menjelaskan bahwa jalan sehat ini merupakan bentuk komitmen Bawaslu untuk terus mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan agar tetap sigap dan siap menghadapi berbagai tantangan dalam Pilkada 2024. 

“Kegiatan ini adalah wujud komitmen kita untuk terus mengingatkan kepada jajaran Bawaslu akan pentingnya olahraga, menjaga kesehatan, dan kebugaran, supaya bisa siap melaksanakan tugas dengan semua tantangan dan dinamika yang ada di pemilihan gubernur, bupati, walikota,” ujar Herwyn saat melepas jalan sehat Bawaslu di jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu.

Penanaman pohon manggis dipilih karena buah manggis memiliki filosofi yang mendalam tentang integritas. Menurut Herwyn, buah manggis menggambarkan kesatuan dan keselarasan antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. 

“Buah manggis ini apa yang terlihat tampilannya, isinya tetap begitu; kalau lima isinya lima. Ini menunjukkan kesatuan dan kesamaan antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. Dengan filosofi ini, diharapkan kita semua bisa melaksanakan tugas sesuai ketentuan dan mewujudkan integritas dalam mengawasi pemilu,” jelas Herwyn.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan oleh Bawaslu di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Herwyn berharap simbolisasi pohon manggis ini dapat memperkuat komitmen integritas di seluruh jajaran Bawaslu.

“Ini juga nantinya akan diimplementasikan dalam kebijakan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Simbolisasi pohon integritas ini menjadi komitmen bersama. Kami menginstruksikan kepada jajaran bahwa ini adalah komitmen kita bersama, karena sebagai lembaga pengawas pemilu yang berintegritas, salah satu faktor utama adalah kejujuran dalam pelaksanaan tugas-tugas,” tambahnya.

(KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending