Connect with us

Nasional

Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi Oleh Pasukan Bawah Tanah Jokowi soal akun Fufufafa

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pakar telematika Roy Suryo diadukan ke Bareskrim Polri terkait dugaan penyebaran bohong alias hoaks buntut pernyataan yang menyebut putra Presiden Joko Widodo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming sebagai pemilik akun Fufufafa.

Aduan masyarakat itu dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Pasukan Bawah Tanah (Pasbata) Jokowi, Budianto ke Bareskrim Polri pada Jumat (27/9/2024).

Ia lantas Roy Suryo dapat membuktikan klaimnya dalam kurun waktu 1×24 jam.

“Saya minta dia untuk bisa membuktikan 1×24 jam apa saja buktinya sehingga dia bisa menyampaikan hal tersebut karena ini membuat kita resah, gelisah,” ujarnya pada wartawan di Bareskrim Polri, Jumat (27/9/2024).

Selain penyebaran berita bohong, Budianto menilai Roy Suryo dengan sengaja membuat keonaran pada detik-detik akhir masa jabatan Jokowi sebagai presiden.

Ia menduga Roy sedari awal memang bertujuan untuk mengganggu proses pelantikan Gibran Rakabuming selaku Wakil Presiden terpilih yang tinggal menghitung hari.

“Harusnya Pak Jokowi landing dengan smooth, diganggu-ganggu dan juga Mas Gibran selaku Wakil Presiden yang sudah jelas dipilih oleh rakyat 58 persen,” jelasnya.

“Tentunya ini kita seharusnya sebagai anak bangsa dan Roy Suryo adalah senior yang baik, memberikan contoh yang baik bukan membuat gaduh,” imbuhnya.

Dalam aduannya itu, Budianto menduga Roy Suryo telah melanggar Pasal 27 dan Pasal 28 UU ITE terkait penyebaran berita bohong.

Warganet sempat ramai membicarakan dugaan Gibran pernah mengolok-olok Prabowo melalui akun Kaskus. Sejumlah netizen mengunggah tangkapan layar beberapa postingan akun fufufafa di Kaskus.

Akun itu menyindir Prabowo lewat tulisan, “Kasihan capres yg anaknya fashion designer h.” Postingan itu diunggah 17 September 2017. Adapula tulisan, “Istri cerai anak h Trus mau lebaran sama siapa?” Tulisan itu diunggah 19 Juni 2018.

Warganet menduga akun itu milik Gibran. Hal itu disimpulkan dari salah satu postingan fufufafa yang menyebut akun Twitter miliknya adalah @rkgbrn.

Akun Twitter itu pernah di-mention oleh akun @kaesangp milik Kaesang Pangarep, adik Gibran, pada 24 Juni 2012 di Twitter. Namun, cuitan itu telah dihapus. (Enal Kaisar)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending