Connect with us

Nasional

Pesawat Kepresidenan RI Mendarat Perdana di Bandara Nusantara IKN

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo menuruni anak tangga Pesawat Kepresidenan RI berjenis Boeing 737 yang mendarat perdana di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). (Sekretariat Presiden)

AKTUALITAS.ID – Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, mencatat sejarah baru dengan mendaratnya Pesawat Kepresidenan RI untuk pertama kalinya. Pesawat Boeing 737-800 BBJ yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sukses mendarat dengan lancar pada Jumat, sekitar pukul 10.00 WITA.

Momen bersejarah ini dikabarkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Raja Juli Antoni, melalui akun Instagram pribadinya. “Alhamdulillah, Pesawat Kepresidenan Boeing 737 sudah mendarat pertama kalinya di Bandara Nusantara dengan lancar,” tulisnya dengan penuh rasa syukur.

Bandara Nusantara terus dipersiapkan untuk melayani penerbangan komersial. Fasilitas pelengkap masih dalam tahap pengembangan guna mendukung operasional pesawat komersil di masa mendatang. “Semoga segera, bandara ini dapat melayani pesawat-pesawat komersial yang akan datang,” tambah Raja Juli.

Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan disambut hangat oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Plt Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni dan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Setelah mendarat, Presiden Jokowi langsung meresmikan RS Hermina Nusantara, rumah sakit pertama yang beroperasi di kawasan IKN. Presiden juga diagendakan untuk menghadiri Kompas 100 CEO Forum 2024 yang diadakan di Istana Garuda, salah satu fasilitas di IKN. Selain itu, Jokowi juga direncanakan akan meresmikan Istana Negara dan Mayapada Hospital Nusantara.

Langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mempercepat pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan dan kota masa depan Indonesia. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending