Connect with us

POLITIK

Demokrat Serahkan 60 Rekomendasi Calon Pilkada 2024

Published

on

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Sabtu (20/7/2024). (IST)

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengungkapkan bahwa partainya telah memulai proses pemberian surat rekomendasi bagi bakal calon pasangan kandidat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tingkat kabupaten/kota. 

AHY menjelaskan bahwa partai akan menyicil pemberian rekomendasi ini mengingat kompleksitas politik yang berbeda-beda di tiap daerah.

Hingga saat ini, Partai Demokrat telah memutuskan 103 surat rekomendasi untuk Pilkada kabupaten/kota, namun baru 60 surat yang telah diserahkan kepada para bakal calon. Pemberian rekomendasi ini dilakukan secara bertahap dan berencana akan diselesaikan dalam waktu yang akan datang. 

“Kita tentunya tidak memburu-buru, tapi tidak boleh terlambat. Ini prinsip momentum dan juga kita lihat kans kemenangan yang terbaik,” ujar AHY dalam penyerahan rekomendasi di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Sabtu (20/7/2024).

Pemberian rekomendasi ini meliputi pasangan calon kepala daerah dan wakilnya di masing-masing daerah dan bersifat final. Meskipun rekomendasi tidak hanya mengacu pada hasil survei elektabilitas, faktor-faktor lain yang berpotensi memenangkan juga menjadi pertimbangan. AHY menambahkan, meskipun calon yang direkomendasikan tidak berada pada posisi teratas dalam survei, dukungan dari partai politik lain yang cukup baik menjadi salah satu faktor pertimbangan.

Pada hari Sabtu, Demokrat memberikan rekomendasi kepada 60 pasangan calon di 24 provinsi, mencakup Provinsi Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Papua. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending