Connect with us

Ragam

PP IBI: Bidan Berperan Penting Kawal Kesehatan Perempuan dan Generasi Emas 2045

Published

on

Ilustrasi. Bidan Berperan Penting Kawal Kesehatan Perempuan dan Generasi Emas 2045. (ist)

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI), Dr. Ade Jubaedah S.Keb, Bdn, MM, MKM, menegaskan bahwa bidan memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan perempuan sejak sebelum hamil, bahkan sebelum menikah. Hal ini bertujuan untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas.

“Peran kita sekarang adalah menyelesaikan masalah-masalah kesehatan sebelum kehamilan, termasuk bagi calon pengantin,” ujar Ade saat berbicara dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Bidan 2024 di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Menurut Ade, bidan memiliki tanggung jawab besar untuk mengawal lahirnya generasi emas 2045. Ia menyoroti masalah kesehatan reproduksi perempuan yang perlu ditangani lebih awal, seperti anemia dan kekurangan energi kronis yang kerap dialami remaja. Riset Kesehatan Dasar 2013-2018 menunjukkan banyak remaja yang mengalami kondisi tersebut, yang berpotensi melahirkan generasi dengan masalah kesehatan.

“Bidan harus memantau kesehatan reproduksi, serta memberikan edukasi terkait pemenuhan gizi, baik protein nabati maupun hewani, agar terhindar dari defisiensi zat besi dan risiko stunting,” lanjutnya.

Selain memantau kehamilan, bidan juga berperan dalam memastikan kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi, khususnya selama periode menyusui eksklusif selama enam bulan. Bidan juga membantu dalam pengawasan pemberian makanan pendamping ASI agar bayi tumbuh sehat dan terbebas dari masalah stunting.

Tidak hanya soal gizi, bidan juga berperan penting dalam memberikan edukasi terkait alat kontrasepsi. “Bidan memberikan edukasi tidak hanya sebelum pemasangan alat kontrasepsi, tetapi juga setelahnya, untuk memastikan penggunaan alat kontrasepsi berjalan optimal,” tambah Ade.

Dengan berbagai peran tersebut, bidan menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan perempuan dan memastikan lahirnya generasi Indonesia yang sehat dan cerdas. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending