Berita
Tingkatkan Potensi Pemasaran dan Nilai Jual, Telkom Ajak UMKM Naik Level Melalui Packaging Festival 2023
AKTUALITAS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah BUMN Telkom mengajak para pelaku UMKM di Indonesia untuk meningkatkan kualitas bisnisnya melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2023.
Packaging Festival 2023 yang diselenggarakan Telkom beberapa waktu lalu ini sejalan dengan agenda pemerintah dalam menciptakan UMKM berdaya saing global.
SGM Community Development Center Telkom Hery Susanto menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Telkom dalam mendorong UMKM agar memiliki value dalam pengelolaan produk melalui kemasan.”
Ia menambahkan, ketika kemasan produk memiliki nilai standar lebih, maka hal ini akan meningkatkan potensi pemasaran dan nilai jual.
“Penting bagi sebuah usaha untuk dapat mengikuti perkembangan trend saat ini karena produk yang viral selalu memiliki kemasan yang menarik sebagai identitas usaha,” ujar Hery.
Program ini adalah sebuah inovasi untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Indonesia dengan cara memberikan subsidi upgrading kemasan produk bisnis dengan tujuan agar para UMKM dapat menciptakan kemasan berkualitas yang dilengkapi desain unik dan dapat menjadi media promosi tersendiri.
Selain itu, program ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 1 pengentasan kemiskinan dan poin 8 yang memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi.
Packaging Festival 2023 diikuti oleh 38 Rumah BUMN, dengan 5 Rumah BUMN dengan peserta UMKM terbanyak berasal dari Rumah BUMN Palu, Rumah BUMN Malang, Rumah BUMN Lubuk Pakam, dan Rumah BUMN Parepare, serta Rumah BUMN Tarakan.
Adapun banyaknya UMKM yang terlibat adalah lebih dari 200 UMKM dengan jumlah permintaan upgrading kemasan sebanyak 198.500 lembar kemasan.
Sampai bulan Agustus 2023, sebanyak 29.000 kemasan sudah berhasil masuk ke proses percetakan dan jumlah sisanya masih dalam proses desain.
Bahan yang digunakan dalam kegiatan Packfest 2023 ini adalah nonziplock paper metal dan ziplock super alumunium dengan jenis kemasan full printing yang terdiri dari 4 jenis ukuran kemasan, yakni 13 cm x 20 cm, 14 cm x 24 cm, 16 cm x 25 cm, dan 18 cm x 29 cm.
Kegiatan ini dihadarpkan dapat mendorong terwujudnya UMKM yang kreatif dan berdaya saing global.
Rumah BUMN Telkom juga akan terus berinovasi dengan menjalankan tanggung jawabnya dalam meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia melalui program Packaging Festival. (Red)
- Nusantara12 jam lalu
Junjung Toleransi, Relawan Max-Peggi akan Gelar Natal Oikumene
- Multimedia17 jam lalu
FOTO: Melihat Kolam Renang Terbesar se-Asia Tenggara di Bintan
- POLITIK19 jam lalu
PDIP Tegaskan Pentingnya Proses Hukum, Yasonna Diperiksa Terkait Kasus Harun Masiku
- Ragam22 jam lalu
Denny JA: Launching 37 Buku Puisi Esai Memberi Landasan Kokoh pada Angkatan Puisi Esai
- Jabodetabek14 jam lalu
Emak-Emak Jadi Korban Hipnotis di Pasar Depok, Emas Ratusan Juta Raib
- Jabodetabek23 jam lalu
Transjakarta Operasikan 200 Bus Listrik, Dorong Jakarta Menuju Emisi Nol
- Nasional17 jam lalu
Puan Minta Pemerintah Siapkan Mitigasi Dampak Kenaikan PPN 12% untuk Rakyat
- Nusantara13 jam lalu
Kecelakaan Maut di Jalur Tigawasa Bali, Satu Keluarga Mengalami Insiden Tragis