Pengamat: Gerindra Punya Peluang Besar Merapat ke Jokowi-Ma’ruf


Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyapa warga usai menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.AKTUALITAS.ID / KIKI BUDI HARTAWAN

AKTUALITAS.ID – Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai, ada kemungkinan besar partai Gerindra bergabung dengan pemerintahan. 

Pasalnya, selama ini tidak ada penolakan dari partai koalisi jika partai besutan mantan Danjen Kopassus itu merapat ke Jokowi-Ma’ruf. 

“Karena tidak ada resistensi dari partai-partai koalisi, khusunya partai politik besar dikubu pak Jokowi (PDIP dan Golkar),” ungkap Ray kepada wartawan,

Berbeda dengan PAN dan Demokrat, dua partai tersebut dinilai banyak mendapat penolakan dari partai koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. Sehingga, akan menimbulkan kecemburan dalam di internal koalisi.

Untuk Gerindra, kata Ray, Jokowi akan dengan senang hati untuk menurunkan tensi politik pasca-Pilpres 2019. Dengan cara merangkul Gerindra, pemerintahan Jokowi dapat meredam gejolak perbedaan.

Selain itu, merapatnya Gerindra ke pemerintahan juga dapat membentuk tradisi baru. Karena, sejak Gerindra didirikan, Ray menyebut belum ada tradisi untuk terlibat dalam pemerintahan.

“Pilihan bergabung dengan pemerintahan itu sangat realistis bagi Gerindra,” ujarnya.

Terkait ditinggalkan para pendukung partai, Ray menilai tak akan ada lagi kekecewaan. Karena, bergabung dengan pemerintahan sebagi wujud tindak lanjut dari pertemuan antara Jokowi dan Prabowo.

Dia menjelaskan, kekecewaan pendukung Prabowo, hanya terjadi saat pertemuan dengan Jokowi di MRT yang terjadi tanpa ada tanda-tanda. “Kalau Gerindra atau Prabowo masuk ke kabinet sudah tidak ada lagi (kekecewaan),” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>