Gubernur Papua: Pemerintah Harus Selesaikan Kasus Rasis


Gubernur Papua Lukas Enembe (kiri). / Istimewa

AKTUALITAS.ID – Gubernur Papua, Lukas Enembe mengimbau Pemerintah segera menyelesaikan kasus hukum yang berkaitan dengan pernyataan rasis yang ditujukan untuk masyarakat Papua.

Pernyataan rasis tersebut, lanjut Gubernur Lukas, baik yang diucapkan oleh masyarakat atau aparat saat berada di dalam asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

“Pemerintah segera menyelesaikan kasus hukum berkaitan dengan pernyataan atau oknum aparat saat berada di dalam asrama mahasiswa Papua di Kota Surabaya, Jawa Timur,” ujar Lukas Enembe melalui keterangan pers yang diterima Aktualitas.id, Minggu (1/9/2019).

Selain itu, Politikus Partai Demokrat tersebut juga mengimbau pihak keamanan agar menangani aksi penyampaian pendapat secara persuasif dan tidak melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat Papua yang menyampaikan pendapatnya.

“Pihak keamanan, dalam hal ini TNI-Polri dalam penyampaikan pendapat oleh masyarakat Papua, baik di Papua maupun wilayah lain di Indonesia agar mengedepankan penanganan yang persuasif,” kata Lukas. 

“Sebisa mungkin menghindari penanganan secara kekerasan serta tidak melakukan penangkapan terhadap masyarakat Papua yang melakukan aksi penyampaian pendapat,” sambungnya.

Diketahui sebelumnya, beberapa hari belakangan situasi di Provinsi Papua dan Papua Barat tidak kondusif. Hal itu disebabkan oleh unjuk rasa di sejumlah titik di Papua sebagai bentuk reaksi atas pernyataan rasis yang diungkapkan oleh sejumlah oknun di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.  [Umamah/zir]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>