Jokowi Minta China Tingkatkan Impor Minyak Sawit Indonesia


Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan hak pilihnya di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4/2019). AKTUALITAS.ID/HO/DR.

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta China agar meningkatkan hubungan kerjasama di bidang perdagangan dengan Indonesia. Salah satunya yakni meminta agar China meningkatkan impor minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). 

Hal itu disampaikan Wamenlu AM Fachir setelah Presiden Jokowi bertemu dengan penasihat hubungan luar negeri Presiden RRT/Anggota Komisi Urusan Luar Negeri RRT, Song Tao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9).

“Baik Presiden maupun penasihat Presiden Xi Jinping untuk urusan luar negeri juga sepakat untuk terus mengupayakan berbagai macam kerja sama antara lain di bidang perdagangan,” ujar Fachir.

Selain itu, Jokowi juga ingin agar China meningkatkan impor berbagai komoditas asal Indonesia lainnya seperti buah-buahan dan hasil perikanan. Fachir mengatakan, kerja sama kedua negara tersebut perlu ditingkatkan untuk menghadapi kondisi ekonomi global yang tak menentu saat ini. 

“Sehingga harus dilakukan upaya bersama agar dampak negatifnya tidak berpengaruh ke kedua negara,” tambahnya.

Sementara itu, di bidang investasi, Presiden berharap agar China melirik peluang kerjasama produksi untuk ekspor baik ke Afrika, Timur Tengah, hingga Amerika. Sedangkan investasi di bidang infrastruktur, Jokowi berharap China melanjutkan kembali kerja sama yang telah dilakukan, termasuk sinergi antara The Belt and Road Initiative (BRI) dengan poros maritim Indonesia.

“Secara khusus Presiden berharap mudah-mudahan kerja sama bidang perdagangan ini bisa mengurangi dampak dari defisit Indonesia dengan Tiongkok,” ujar dia. [republika/Juniar Arbianto]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>